Profil Jokowi-Joko Widodo

7/09/2013
Joko Widodo lahir 21 Juni 1961 di Surakarta Indonesia anak dari Noto Miharjo dengan Sujiatmi Notomiharjo. Ayah Joko Widodo adalah seorang tukang kayu. Joko Widodo yang lebih akrab ditelinga masyarakat Indonesia dengan sapaan Jokowi terpilih sebagai Gubernur DKI Jakarta periode 2012-2017.

Jokowi yang merupakan lulusan Universitas UGM jurusan Kehutanan angkatan tahun 1985 menikah dengan Iriana. (Tempo.co,21/6/2013)

Jokowi terpilih sebagai walikota terbaik ke tiga dunia yang diselenggarakan World Mayor Project tahun 2012 setelah Walikota Bilbao, Spanyol dan Walikota Perth, Australia. Selama memimpin Kota Solo Jokowi dengan istri menempati rumah dinas Walikota Solo di Loji Gandrung.

Jokowi-Joko Widodo
Joko Widodo (Foto: Kompas/Robertus)
Sebelum terpilih sebagai Gubernur DKI Jakarta menjadi Walikota Solo dua periode berturut-turut, periode 2005-2010. Masa jabatan kedua terpilih dengan Wakil Walikota FX Hadi Rudiyatmo Jokowi tidak menyelesaikan hingga masa jabatannya berakhir. Pada tahun 2012 Jokowi dipinang oleh Megawati Soekarnoputri setelah menerima saran dari mantan Ketua Umum Partai Golongan Karya, Muhammad Yusuf Kalla untuk menjadi calon Gubernur DKI Jakarta.

Pada pilkada provinsi DKI Jakarta untuk masa jabatan 2012-2017 yang dilaksanakan pada 11 Juli 2012 Joko Widodo berpasangan dengan Basuki Tjahaya Purnama. Jokowi/Ahok yang diusung (PDIP) Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan pimpinan Megawati Soekarnoputri terpilih sebagai Gubernur/Wakil Gubernur melalui dua putaran.

Pada putaran pertama Jokowi/Ahok memperoleh suara terbanyak dari lima pasangan calon Gubernur/Wakil Gubernur. Akan tetapi perolehan suara pasangan nomor 3 sebesar 42,90 % belum memenuhi standar minimal untuk ditetapkan sebagai pemenang oleh Komisi Pemilihan Umum DKI Jakarta. Sesuai peraturan perudang-undangan pilkada pasangan calon dapat ditetapkan sebagai pemenang apabila memperoleh suara sebesar 50,1 porsen.

Putaran ke II pilkada Gubernur DKI Jakarta yang dilaksanakan hari Kamis 20 September 2012 Jokowi/Ahok unggul atas pasangan Fauzi Bowo/Nachorowi Ramli. Jokowi/Ahok mendapatkan 53 % sementara Fauzi Bowo/Nachorowi Ramli yang memiliki nama popular Foke-Nara selama masa kampanye hanya memperoleh 46 % suara.

Walau sudah tidak memimpin Kota Solo lagi Jokowi tetap diingat oleh masyarakat Solo. Pada hari ualng tahunnya yang dirayakan tahun 2013 Jokowi dianugerahi Keris dibuat oleh Empu Fauzan Pusposukadgo. Keris yang dihadiahkan kepada Jokowi dibuat melalui prosesi ritual adat Jawa. Pembuatan keris yang diberi nama Cahyo Buwono membutuhkan waktu 7 (tujuh) bulan. Awal prosesi pembuatan keris diarak terlebih dahulu di daerah Pringgondani, Gunung Lawu (Solopos, 19/6/2013).

Menjelang pemilihan Presiden Republik Indonesia periode 2014-2019 yang dilakukan oleh berbagai lembaga suvery ternama nama Joko Widodo berada diperingkat teratas dari kandidat lainnya.
Ronamasa