Cara Membuat Twitter Button Sendiri Untuk Dipasang Dalam Blog-Website

1/30/2013
Twitter salah satu jejaring sosial yang saat ini sedang trend dipakai pengguna online internet sebagai sarana berbagi cerita dan informasi sesama. Tool social networking ini tidak hanya dapat membagi informasi antara pengguna (username) Twitter saja akan tetapi juga dapat dikoneksikan dengan sarana jejaring sosialnya seperti Facebook.

Twitter-kiacau
Pengguna akun Twitter setidaknya terdapat 3 (tiga) tools yang dapat dipergunakan dari jejaring sosial yang didirikan Jack Dorsey asal Amerika Serikat ini. Tools yang dapat dipasang pada media online internet dikelola terdiri dari Tool Twitter, Follower (pengikut) dan Widget Twitter. Namun yang dibahas pada artikel ini hanya cara membuat button sebagai alat untuk membagi kepada teman atau pengguna lain Twitter lainnya.

Fungsi dan kegunaan Twitter Button yang terbuat menggunakan kode di bawah ini sama seperti tools button twitter yang diperoleh dari website penyedia khusus sarana jejaring sosial ini.

Cara membuat Button Twitter sendiri untuk dipasang pada media yang dikelola dapat dilakukan sebagai berikut:
  1. Sign in di blog
  2. Klick Tata Letak
  3. Klick Add Gadget/Tambah Gadget
  4. Klick atau pilih Gadget HTML/JavaScript
  5. Copy kode berikut ini kemudian paste dalam gadget
  6. Klick Simpan untuk menyimpan perubahan
Ini kode yang dicopy dan dipaste pada gadget HTML/JavaScript

Keterangan:
Ganti ronamasa yang terdapat dalam kode di atas dengan username anda sendiri

Inilah hasil dari Kode di atas



Menggunakan Button Twitter yang terbuat dari kode di atas sama seperti button Twitter disediakan website khusus. Caranya sebagai berikut:
  1. Pengguna (user name) Twitter yang ingin membagi informasi halaman posting website/blog tertentu pada akun Twitter nya cukup mengklick Button Twitter. Setelah pengguna klick Button Twitter akan langsung muncul form pas ditengah-tengah halaman webiste/blog.
  2. Klick tools Tweet yang berada pada bagian bawah form tempat munculnya teks judul posting yang disharing dan informasinya langsung muncul pada halaman username Twitter pengguna bersangkutan
Halaman posting yang terbagi atau landing pada halaman username Twitter bersangkutan hanya halaman posting tempat mengklicknya itu saja. Jika ingin mengetahui lebih jelas dan membuktikan cara kerja Button Twitter ini silahkan klick Button Twitter yang tersedia di atas.

Sedangkan jika ingin membuat Button Twitter Follower copy dibawah ini dan lakukan step seperti dijelaskan diatas:


Tampilan dari Kode di atas



Tampilan kode di atas belum dapat menampilkan jumlah Follower. Dan jika ingin menampilkan data jumlah Follower Twitter dapat mengikuti artikel ini

Jika memasang kedua tools twitter yang dibahas ini kofe scriptnya boleh dipasang masing-masing atau hanya cukup hanya memasang satu script saja. Walaupun hanya ditempatkan satu kode script hasil kerja dan tampilannya tetap sama. Untuk lebih jelasnya perhatikan script dibawah ini


Artikel Lainnya

Cara Mendapatkan Google Site Verifikasi Meta Tag Blog
Cara Membuat Meta Tag Preferensi Penelusuran Blog-SiteLinks
Cara Membuat Menu Horizontal Blog Pada Header Blog
Cara Membuat Menu Dropdown Dibawah Header Blog - Menu Blog/Website Menjorok Kebawah
Istilah Yang Wajib Diketahui Blogger Untuk Menata Tampilan Media Online Blog
Sedikitnya 12 Perbedaan Tampilan Antarmuka Blogger Baru Dengan Antarmuka Blogger Lama
Cara Menulis Textarea Pada Halaman Posting Blog Bila Disorot Pointer Mouse Terblok otomatis
Ronamasa