Willem-Alexander Jadi Raja Belanda Pertama Sejak 123 Tahun

1/29/2013
Willem Alexander akan menjadi Raja Belanda pertama sejak kematian buyutnya (kakek dari ayah), William III pada tahun 1890. Pangeran yang pernah mengikuti lari marathon di New York Marathon dan di Elfstedentocht lomba Skatting 200 km memakai nama WA van Buren akan menggantikan ibunya, Ratu Beatrix.

Willem Alexander lahir pada 27 April 1967 dengan gelar String (String of Title) dan tinggal di Drankensteyn dekat Hilbersum sampai ibunya menjadi Ratu. Keluarga ini kemudian pindah ke The Hague.

Ratu Belanda Beatrix-Willem Alexander
Ratu Belanda, Beatrix dengan putranya, Willem Alexander
di Balcony istana Noordiende, Hague, Belanda 18/9/2012.
(Foto: Michel Porro/Getty Images)
Willem-Alexander dan permaisuri Maxima dipersiapkan "Fully prepared for their future role" and semua bakatnya akan gunakan untuk melayani negara dan tetap menjaga kepercayaan konstitusi," kata Ratu.

Anak dari Ratu Beatrix dengan Claus von Amsberg ini menikahi dengan putri mantan anggota Junta Militer Argentina, Maxima Zorreguieta pada 3 Juli 2001. Kakak dari Priso dan Constantijn kini sudah dikarunia tiga orang puteri, Catharina-Amalia, Alexia dan ariane.

Willem Alexander merupakan alumni Universitas Leiden dan lulus tahun 1993. Ia juga menempuh pendidikan di Liantwit Mayor di Wales pada tahun 1985. Ia juga pernah bertugas sebagai militer Angkatan Laut selama dua tahun

Ratu Beatrix lahir 31 Januari 1938 dan tinggal dengan orang tuanya Ratu Juliana dan Pangeran Bernhard di istana Soestdijk, Baarn hingga keluarga melarikan diri ke Inggris Raya ketika pecah perang dunia.

Jualiana dan kedua putrinya kemudian pindah ke Kanada, dan kembali ke Belanda pada tahun 1945, Pada usia 18 tahun di sworn sebagai anggota Raad van State, penasehat tertinggi pemerintah.

Dalam siaran Radio dan Televisi Ratu mengatakan tahun ini - merayakan ulang tahuh ke 75 dan merayakan menandakan 200 tahun monarki- adalah waktu yang bagus untuk menyerahkan tahta.

"Saya sudah memikirkan beberapa waktu," kata Ratu. Saya tidak mengundurkan diri sebab peran ini sangat berat bagi saya, tapi dalam keyakinan bahwa tanggungjawab untuk melayani negara ini harus diserahkan pada generasi baru.". demikian diberitakan DutchNews.nl, Senin, (28/1)

Artikel lainnya

Nama-Nama Presiden Wanita di Seluruh Dunia Sejak Tahun 1974
Sejarah Pemerintahan Kabupaten Bima, NTB Sejak Masa Orde Baru
Ferry Zulkarnain Bupati Bima Pertama Pilihan Rakyat Bima
Naskah Asli Pernyataan Berhenti Soeharto Sebagai Presiden RI, 21 Mei 1998
Pangeran William dan Kate Middleton Dihantui Kutukan Istana Kensington
Sejarah Terbentuknya Desa Tonggorisa Palibelo
Ronamasa