Misteri Kuburan Keramat "Rade Ruma" Doro Saninu Tonggorisa

5/01/2014
Hingga kini masyarakat setempat tidak mengetahui pasti siapa pemilik serta kapan kuburan yang berada di atas bukit (Doro) Saninu Tonggorisa Kecamatan Palibelo Bima ada. Letak kuburan yang dikenal oleh masyarakat setempat dengan sebutan Rade Ruma dianggap misterius.

Kuburan Keramat "Rade Ruma" Doro Saninu Tonggorisa
Kuburan misteri (Rade Ruma) yang berada di atas bukit (Doro) Saninu di sebelah barat Desa Tonggorisa Kecamatan Palibelo Kab. Bima hari Minggu 27/3/2014.(Foto: Ronamasa/Ahyar).

Pada tahun 1980 an dianggap keramat oleh orang tertentu (asal Desa Teke Kecamatan Palibelo). Letak kuburan (rade) Ruma sangat strategis karena dapat melihat pemukiman penduduk ke timur hingga lahan persawan desa Ntonggu dan ke utara hingga kecamatan Woha, Monta serta di hamparan barat seperti Sila Bolo dan Donggo.

misteri kuburan keramat Tonggorisa palibelo
Rade Ruma di Doro Saninu Desa Tonggorisa Minggu 27/3/2014.
(Foto: Ronamasa/Ahyar).

Dalam bahasa daerah Bima Rade Ruma terdiri dari dua kata. Rade berarti Kuburan dan Ruma dapat diartikan seorang yang mulia. Sementara lokasinya yaitu Doro Saninu . Doro bermakna bukit sementara Saninu dapat bermakna Kaca Cermin untuk berkaca.

perkampungan Tonggorisa terlihat dari kuburan keramat di Desa Tonggorisa
Pemukiman penduduk Desa Tonggorisa Kecamatan Palibelo dari atas Kuburan misteri di sebelah barat Desa Tonggorisa hari Minggu 27/3/2014.(Foto: Ronamasa/Ahyar).


Pemukiman penduduk Desa Tonggondoa Kecamatan Palibelo terlihat dari beberapa meter dari kuburan di Doro Saninu. Tampak Hamparan lahan pertanian dan permukiman penduduk wilayah setempat hari Minggu 27/3/2014.(Foto: Ronamasa/Ahyar).
Ronamasa