Prabowo: Apapun Keputusan Rakyat Saya Akan Hormati

7/17/2014
Ditengah memanaskan suhu politik Indonesia pasca pemilu presiden RI ke 7 akibat adanya saling klim sebagai pemenang Prabowo mengatakan, "Apapun keputusan rakyat saya akan hormati".

"Saya tidak mau terima mandat kalau mandat itu tidak sah. Tapi sebaliknya kalau ada rekayasa untuk tidak menghormati bukti-bukti hukum, ... saya juga tidak akan terima." Hal itu dikatakannya dalam wawancara dengan BBC Indonesia hari Jum'at (11/7/2014).

prabowo subianto wawacara dengan bbc indonesia
Prabowo Subianto saat diwawacara penyiar BBC Indonesia, hari Jum'at 11 Juli 2014 (Foto: capture video BBC Indonesia)

Prabowo Subianto yang berpasangan Hatta Rajasa maju sebagai calon presiden dan wakil Presiden diusung dan didukung Partai Gerakan Indonesia Raya (Gerindra), Partai Persatuan Pembangunan (PPP), Partai Amanat Nasional (PAN), Partai Keadilan dan Sejahtera (PKS), Partai Golongan Karya (Golkar) dan Partai Bulan Bintang (PBB).

Hasil pemilihan umum Presiden RI periode 2014-2019 yang dilaksanakan hari Rabu 9 Juli 2014 akan diputuskan melalui rapat pleno terbuka KPU secara resmi hari Selasa 22 Juli 2014 di Jakarta. Namun sejauh ini kedua pasangan calon presiden/Wakil presiden saling klaim sebagai pemenangan berdasarkan hasil Quick count (hitung cepat) tayangan live TV. Pada hal perhitungan suara yang menggunakan data sample pada tingkat TPS (tempat pemungutan suara) ini baru berjalan beberapa jam.

Melihat hasil quick count unggul pasangan Jokowi-JK langsung mendeklarasikan diri sebagai pemenang yang dihadiri Ketua Umum PDIP, Megawati Soekarnoputri

Berikut ini wawancara Prabowo Subianto calon presiden Koalisi Merah Putih dengan BBC Indonesia yang dipublikasikan hari Jum'at (11/7/2014)

Prabowo

Kita punya data, kita punya bukti. Saya bahkan ada diluar ini dua ahli matematik, dua ahli statistik yang bisa menjelaskan bagaimana manipulasi itu terjadi. Dan mereka siap untuk nanti laporan ke Bawaslu. Kalau perlu muncul di Metro TV, TV mereka sendiri, iya kan. Jadi ini tidak boleh ya, pakar-pakar seolah-olah menamakan dirinya pakar kemudian dia berdiri didepan jutaan rakyat Indonesia dan dia bohong. ... Itu kan namanya apa ya? Itu namanya penipuan.

BBC
Kita masih menunggu hasil resmi KPU pak. Dan seperti bapak juga dalam pernyataannya mengatakan bahwa pemilihan ini berlangsung dengan baik, lancar dan aman. Dan apakah itu berarti akan juga tetap terbuka dari kubu bapak seandainya nanti untuk melakukan gugatan-gugatan setelah hasil resmi KPU ?

Prabowo
Saya katakan, semua indikasi real count sampai sekarang menunjukan bahwa saya leading, saya menang gitu lho. Jadi ya..., tapi kita juga banyak laporan, banyak kasus-kasus yang tidak benar. Ada kasus kotak suara yang dicuri, ada saksi diintimidasi dan sebagainya dan sebagainya.

Ini sudah kita laporkan ke Bawaslus semuanya. Dan ini kita akan proses lewat jalur hukum. Jadi... ya kita sangat konfiden kok. Kita berada dipihak yang benar. ... semua itu kan harus ada bukti, harus ada proses.

Yang saya sesalkan, tadi juga yang ditanya di televisi. Tanya soal Pak Prabowo kalau kalah bagaimana ?.

Saya sudah berkali-kali ngomong, ... tapi Anda bisa cek semua rekaman.

Saya berkali-kali bicara, waktu hari pertama pendaftaran di KPU, waktu dapat nomor di KPU, waktu ada upacara kampanye damai di KPU, saya selalu ngomong. Apapun keputusan rakyat saya akan hormati.

Tidak ada kata-kata dari Jokowi dan JK sampai hari ini, nggak ada. Malah dia bilang sebelum, kalau kita tidak menang berarti curang, bayangkan, kata Prabowo dengan nada mempertanyakan.

BBC
Tidak ditengah-tengah keyakinan bapak bahwa akan memenangkan sesuai dengan KPU nanti. Tentu bapak juga akan kembali seperti bapak katakan Siap menerima hasil apapun saja dan juga siap menerima kekalahan, seandainya. karena bapak yakin menang?

Prabowo
Kalau terbukti secara hukum bahwa saya kalah tentunya saya hormati. Saya tidak mau terima mandat kalau mandat itu tidak sah. Tapi sebaliknya kalau ada rekayasa untuk tidak menghormati bukti-bukti hukum, ... saya juga tidak akan terima.

BBC
Sejauh ini kedua kubu diharapkan baik oleh pemimpin negara maupun masyarakat untuk menenangkan pendukung masing-masing. Saya kira di kubu bapak tidak ada masalah untuk menyatakan supaya tenang menanti ya pak ?

Prabowo
O.. ya saya selalu mengatakan itu. Tapi kami yang selalu diserang. TV yang mendukung kami diserang, dikepung, dirusak-dirusak, dicoret-coret, diancam. Perusahaan survei yang mengatakan kita yang menang tadi malam di bom molotov.

Jadi yang deklarasi menang pertama siapa?," kata prabowo dengan nada tanya. Kita sebetulnya terpaksa karena ... daripada opini terbentuk.

BBC
Pemilihan presiden kali ini diwarnai dengan polarisasi masyarakat yang cukup tajam disebutkan pengamat. Bagaimana bapak melihatnya setelah KPU mengumumkan hasilnya. Apakah bapak melihat masih mungkin terjadi ada rekonsiliasi atau bagian itu bagian dari proses demokrasi yang otomatis nanti orang akan kembali lagi ke kehidupan sehari-hari.

Prabowo
Saya kira ini akan tergantung pemimpin. Kalau pemimpin-pemimpinya arif, tunduk kepada proses demokrasi, tunduk kepada kebenaran. Saya kira tidak ada masalah. Tapi kalau pemimpin-pemimpin kita tidak arif, ya saya tidak tau. Dan terutama yang harus kita waspadai, pihak-pihak tertentu.

Saya mencium adanya beberapa negara asing yang selalu ingin Indonesia dalam keadaan tidak rukun, tidak aman, tidak tertib. Itu yang saya mencium

BBC
Jika diajak berkoalisi atau juga kemungkinan bapak akan melakukan koalisi sebagai rekonsiliasi nasional nanti. Apakah nanti itu memungkinkan kalau menurut bapak ?.

Prabowo:
Saya kira itu bisa-bisa saja. Tapi Anda harus tau koalisi kita sudah sangat besar dan sangat kuat. Saya kira juga aneh kalau nanti kita ajak ... tidak ada pihak penyeimbang di parlemen, kan juga tidak demokratis, Seperti itu.

Tapi kalau ada pribadi-pribadi tertentu dari manapun saya sudah katakan kita tidak tertutup kemungkinan bahwa kita akan mengajak dari manapun termasuk dari..., apakah dari PDIP, apakah dari Hanura, Nasdem.

Yang penting bagi saya adalah kepentingan nasional, yang penting adalah kepentingan rakyat. Jadi bisa saja secara teoritis tapi tentunya saya punya koalisi yang kerja keras dan koalisi saya juga punya kader-kader yang hebat-hebat.

BBC
Ini kampanye sudah berakhir, pemungutan suara sudah berakhir bapak sudah mulai banyak istirahat lagi ?

Prabowo
Aduh... belum, ternyata belum bisa sepenuhnya istirahat. Nyatanya sekarang saya jam 9 masih di tempat Anda ini.
Ronamasa