Quick Count (Hitung Cepat) Pilpres RI Tahun 2014

7/10/2014
Kedua pasangan calon Presiden/Wakil Presiden Prabowo-Hatta dan Jokowi-JK saling mengklaim sebagai pemenang pemilu yang melaksanakan pemungutan suara serentak seluruh Indonesia pada hari Rabu 9 Juli 2014. Walau masing-masing calon sudah menyampaikan pidato kemenangan namun tetap menunggu hasil perhitungan resmi dilakukan oleh KPU Pusat pada 22 Juli 2014

kartu suara pilpres indonesia 2014
Kartu Suara Pemilu presiden RI ke 7 hari Rabu 9 Juli 2014
(Foto: Ronamasa/Ahyar)

Presiden SBY mengucapkan terima kasih kepada Indonesia yang telah berpatisipasi menggunakan hak pilih pada pilpres ini.

"Rakyat Indonesia yang dengan penuh semangat dan kesadaran tanggung jawab telah menggunakan hak pilih untuk memilih presiden dan wakil presiden kita untuk lima tahun mendatang. Saya menyeru kepada para pemimpin dan para elit politik di negeri ini hormati kedaulatan rakyat, hormati kebebasan rakyat untuk memilih pemimpinnya," kata SBY.

SBY berharap kedua pihak berharap bisa menerima dengan baik dan demokrasi.

"Yang berhasil memenangkan itu berarti amanah, mandat dan tanggun jawab. Setelah terpilih kelak dan secara resmi menjadi pemimpin kita maka tugas telah menanti dan harus menjalankan tugas dengan sebaik-baiknya. Dan mari kita dukung secara penuh Presiden dan Wakil Presiden terpilih nanti," selanjutnya.

"Bagi yang tidak terpilih juga harus bisa menerima hasil ini dengan baik, dengan ikhlas. ... kekalahan itu tidak lain adalah kemenangan yang tertund."

"Terkait hasil Quick yang telah ditayangkan beberapa media televisi Indonesia SBY berharap agar semua pihak bisa menerimanya. Keamanan dan ketertiban kehidupan rakyat Indonesia adalah tanggung jawab kita semua."

"Saya berharap ini pun Bisa disikapi secara wajar meskipun tentu ada yang gembira, sedih tetapi marilah kita hormati hasil pemilihan presiden ini. Sehingga menjaga keamanan dan ketertiban masyarakat menjadi tugas kita semua" ajak SBY

Prabowo Subianto-Hatta Rajasa maju sebagai calon presiden dan wakil Presiden diusung dan didukung Partai Gerakan Indonesia Raya (Gerindra), Partai Persatuan Pembangunan (PPP), Partai Amanat Nasional (PAN), Partai Keadilan dan Sejahtera (PKS), Partai Golongan Karya (Golkar) dan Partai Bulan Bintang (PBB).

Dalam pidatonya kemenangannya Prabowo menyatakan" Keterangan-keterangan yang masuk dari Quick berbagai lembaga survei. Dan dari lembaga-lembaga yang kami gunakan sebagai acuan kita bersyukur bahwa dari semua keterangan yang masuk menujukan bahwa kami pasangan nomor satu Prabowo-Hatta mendapat dukungan dan mandat dari rakyat Indonesia. Untuk itu kami dari koalisi merah putih menyampaikan terima kasih kepada seluruh rakyat Indonesia atas kepercayaan yang telah diberikan kepada kami pasangan nomor satu Prabowo-Hatta dari koalisi mmerah putih.

Kami memang menunggu sampai semua data masuk dan setelah data 90 porsen masuk baru kami akan mendeklarasikan posisi dan sikap kami. Setelah sembilan puluh porsen.

Kami meminta kepada seluruh anggota pendukung koalisi merah Putih dan seluruh rakyat Indonesia untuk menjaga dan mengawal kemenangan ini sampai perhitungan resmi selesai dari petugas-petugas KPU dan penetapan resmi dari KPU Pusat," Kata Prabowo

grafik quick count pilpres 2014

Hasil Quick Count Pemilu Presiden/Wakil Presiden RI
Tahun 2014
NONama Pasangan
Calon Presiden/Wakil Presiden
Perolehan suara Quick Count Lembaga Survei
JSIPuskaptisLSNIRC
1Prabowo Subianto-Hatta Rajasa50,16%52,05%50,19%51,11%
2Joko Widodo-Jusuf Kalla49,84%47,95%49,81%48,89%
Total suara masuk91,35%93,41%97,34%100,00%
Sumber: Data footer TV One hari Kamis, 9 Juli 2014

Sedangan pasangan Joko Widodo- Jusuf Kalla diusung dan didukung Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP), Partia Nasional Demokrat (Nasdem), Partai Hati Nurani Rakyat (Hanura) dan Partai Keadilan dan Persatuan Indonesia (PKPI).

Dalam pidato kemenangannya Joko Widodo menyatakan:

"Tugas kita semuanya sekarang ini adalah mengawal hasil pemilu hari ini hingga mejadi hasil resmi dari KPU. Kita harus kawal dan kita harus pastikan bahwa perhitungan suara di KPU berjalan dengan benar dan jujur, dengan bersih tanpa intervensi dari pihak manapun juga

Saya menyerukan kepada semua pihak, jangan sesekali mencemari ketulusan aspirasi rakyat Indonesia dalam pemungutan suara pada hari ini
Saya juga mengapreseasi kepada bapak Prabowo Subianto dan bapak Hatta Rajasa yang telah berkontribusi untuk membuat demokrasi kita menjadi lebih baik. Bapak berdua adalah negarawan, bapak berdua adalah patriot, bapak berdua adalah pencinta dan pejuang Indonesia. saya akan terus menghormati bapak berdua dan percaya bahwa diperan apapun bapak Prabowo dan bapak Hatta akan terus mengabdi kepada rakyat Indonesia.

Kami juga ingin mengapresiasi, ingin menghargai bapak Presiden, bapak SBY yang telah mengawal, yang telah memimpin pilpres ini hingga berjalan dengan sangat baik hingga pada hari ini, kata Jokowi

grafik quick count pilpres 2014

Hasil Quick Count Pemilu Presiden/Wakil Presiden RI
Tahun 2014
NoNama Pasangan
Capres-Cawapres
Perolehan suara Quick Count Lembaga Survei
Indikator PolitikLitbang KompassRRILSICSIS-
Cyrus
SMRCPol TrackingPopuli Center
1Prabowo Subianto-
Hatta ajasa
47,02%47,66%47,32%46,63%48%47,09%46,63%49,05%
2Joko Widodo-
Jusuf Kalla
52,98%52,33%52,68%53,37%52%52,91%53,37%50,95%

quick count pilpres 2014

grafik quick count pilpres 2014

Perolehan Suara Keseluruhan Versi Quick Count ( Hitung Cepat)
Pemilu Presiden 2014
NoNama CalonPerolehan suara
1Prabowo Subianto-Hatta Rajasa47,06%
2Joko Widodo-Jusuf Kalla52,94%
Total suara masuk Quick Count 99,50 % berdasarkan data footer Metro TV Rabu 9 Juli 2014

Ronamasa