Membuat Sortir Data Report Database Dalam Microsoft Office Access 2007

2/14/2012
Pada artikel sebelumnya sudah dibahas cara membuat Report/laporan database dalam Microsoft Office Access 2007. Dan sekarang akan dibahas cara menyortir data report (laporan). Mungkin ada yang bertanya apa manfaat dari sortir data report/laporan.

Salah satu manfaatnya adalah untuk memudahkan melihat data berdasarkan klasifikasi/kelompok data. Nah sekarang untuk mendesign kembali Report yang sudah dibuat sebelumnya diawali dengan mengklick View dan akan muncul tiga pilihan. Pilih Design View.

View Database Access

Sekarang kita coba praktekan cara menyortir data berdasarkan Tahun dari data yang diinput sebelumnya. Langkah-langkahnya sebagai berikut:
1. Klick kanan pada Design lalu pilih Group & Sort.
Tab Pengaturan sortir database report
2. Pilih More dan tempatkan kursor pada ujung panah More
Pengaturan sortir database report
3. Setelah mengexpand More klick With no total. Setelah itu akan muncul beberapa pilihan.
  • Pada Combo Box Total On, pilih Tahun
  • Pada Combo Box Type pilih Count Records
  • Centang Show Grand Total
  • Centang Show in Group Footer.
4. Untuk melihat hasilnya, klick View di pojok atas Menu seperti petunjuk panah
Pengaturan sortir database report

Sehingga hasilnya akan tampak seperti di bawah ini.

Tampilan sortir database report

Selamat Mencoba mendesign/merancang report/laporan database yang anda punya. Good luck.


Artikel Lainnya:

Cara Membuat From Aplikasi Database MS Access 2007
Cara Memasukan Foto Dalam Form Aplikasi Database Microsoft Access 2007
Cara Membuat Kontrol Button Form Aplikasi Database MS Access 2007
Cara membuat Report Database Dalam MS Access 2007
Cara Membuat Simple Query wizard - MS Access 2007
Cara Membuat Crosstab Query - MS Access 2007
Ronamasa