Konspirasi dan Spionase Dibalik Hubungan Internasional

7/22/2013
Dibalik hubungan yang dibangun kerap terjadi konspirasi spionase walau semua itu dijalin dengan komitmen saling menjaga kepercayaan.

"Kami menyesal mengatakan bahwa dalam kedutaan kita di London, kami menemukan microfon tersembunyi," kata Platino dalam jumpa pers di Quito Selasa (2/7/2013) waktu setempat.

"Dengan menyesak kami katakan, tapi insiden ini adalah salah satu contoh hilangnya etika di level internasional dalam hal hubungan antar pemerintah," tambahnya Menteri Luar Negeri Ekuador.

Duta besar Ekuador untuk Inggris, Ana Alban (kompas.com (3/7/2013).

Sementara itu metrotvnews.com (3/7/2013) melansir berita dari majalah Jerman Der Spiegel yang menyebutkan bahwa AS mematai-mata terhadap negara Uni Eropa.

Pada awal Juni 2013 seorang mantan pegawai NSA Amerika Serikat Snowden membocorkan spionase dilakukan Amerika Serikat terhadap jaringan komputer internal kantor Uni Eropa di Washington dan Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB)

Program Prism NSA tidak hanya dapat mengakses percakapan dan panggilan telepon, tetapi juga memperoleh akses ke dokumen dan e-mail pengguna
Ronamasa