Di Sinilah Ku Belajar dan Berguru

9/01/2013
Setelah tamat sekolah dasar puluhan tahun silam di sinilah aku belajar dan berguru mencari ilmu serta belajar hidup mandiri

SMP berlokasi di Desa Teke yang kini sudah berstatu SMP N 1 Palibelo merupakan sekolah menengah pertama yang ada di Kecamatan Belo. Kecamatan Palibelo adalah wilayah pemekaran dari Kecamatan Belo beribukota Cenggu Kabupaten Bima, Pulau Sumbawa, Nusa Tenggara Barat.

SMP Negeri 1 Palibelo SMEA Negeri Kota Bima
Designed by Ahyar

Sementara Sekolah Menengah Ekonomi Atas (SMEA) Negeri Bima berada di Jalan RE Martadinata Kota Bima. Karena jarak lokasi sekolah dengan kampung halaman tempat tinggal sekitar 1 jam perjalanan saya dengan sepupu satu menyewa kos di Kampung Benteng Melayu Kota Bima.

Berangkat dari kampung halaman menggunakan kendaraan tradisionil Benhur dan kemudian naik bus umum di cabang Belo yang lebih dikenal Uma Me'e. Setelah turun dari terminal bus di Kampung Dara kota Bima menuju tempat kos menggunakan Benhur yang dihelat seekor kuda.

Sudah menjadi kebiasaan semua teman-teman yang sekolah merantau di Kota Bima paling cepat pulang kampung setelah satu minggu. Pulang kampung itupun hanya untuk mengambil bekal untuk keperluan hidup selama satu pekan. Rasa kangen pada orang tua dan kampung halaman tak terlepaskan mengiringi suka duka selama tiga tahun.

Selepas berguru pada sekolah menengah pertama (SLTP) di Desa Teke dan SMEA Negeri Bima di Kota Bima barulah menempa ilmu pada salah satu kampus di Kota Bima Pulau Sumbawa Nusa Tenggara Barat, STISIP Mbojo Bima

Artikel lainnya

Sejarah Pemerintahan Kabupaten Bima, NTB Sejak Masa Orde Baru
Nama-Nama Desa dan Kecamatan di Kabupaten Bima, NTB
Nama-nama Sekolah di Kecamatan Palibelo Kabupaten Bima, NTB
STISIP Kampus Orange Mbojo Bima Kabupaten Bima
Ronamasa