Profil Edhie Baskoro Yudhoyono

11/28/2013
Edhie Baskhoro Yudhoyono lahir pada 24 November 1980 anak dari Susilo Bambang Yudhoyono dengan Ani Yudhoyono. Selepas lulus SMAN 39 Cijantung tahun 1999 Ibas kemudian melanjutkan kuliah di Universitas Curtin Perth Australia dan meraih gelar Bachelor of Finance and E-Commerce tahun 2005. Edhie Baskhoro Yudhoyono yang lebih dikenal publik dengan sapaan Ibas menikah tanggal 24 November 2011 dengan Siti Rubi Aliyah.

Siti Rubi Aliyah kelahiran 26 April 1986 adalah putri dari Hatta Rajasa seorang menteri Perekonomian presiden SBY periode 2009-2014. Dari pernikahan Edhie Baskoro dan Siti Rubi Aliyah kini sudah dikarunia seorang putra yang lahi pada 24 Oktober 2012 dan diberi nama Airlangga Satriadhi Yuhoyono

Edhie Baskoro Yudhoyono bersama putranya Airlangga Satriadhi Yudhoyono
Edhie Baskoro Yudhoyono bersama putra sulungnya Airlangga Satriadhi Yudhoyono
(Foto: Twitter Ibas Yudhoyono ,22/11/2013)

Adik dari Agus Harimukti Yudhoyono ini kemudian melanjutkan studi master (S2) selama dua tahun di Universitas Teknologi Nanyang Singapura dan lulus tahun 2007 dengan spesialisasi Ekonomi Politik Internasional. Ia lulus dengan disertasi "Revitalization of Indonesia's Economi: Attemps to resolve The Twin-Critical-Economi Problems and To Build Foundation for Future Economic Development".

Agus Harimukti, Annisa Pohan, Siti Rubi Aliya Rajasa dan Edhie Baskoro Yudhoyono
Agus Harimukti, Annisa Pohan (istri Kapt Inf Agus Harimukti), Siti Rubi Aliya Rajasa dan Edhie Baskoro Yudhoyono, twit 16/8/2013. (Foto: Agus Harimukti Yudhoyono)

Sebagaimana dilansir situs resmi Edhi Baskoro.com ia terpilih sebagai anggota DPR-RI memperoleh suara tertinggi di seluruh Indonesia.

Pada pemilu umum legislatif RI yang dilaksanakan bulan April 2009 Edhie Baskoro yang merupakan selah seorang calon anggota DPR-RI Dapil VII di provinsi Jawa Timur meliputi daerah Pacitan, Ponorogo, Trenggalek, Magetan dan Ngawi memperoleh suara sebanyak 327.097 suara.

Airlangga Satriadhi Yudhoyono - Almira Tunggadewi Yudhoyono
Ailangga Satriadhi Yudhoyono bersama sepupunya Almira Tunggadewi anak dari Agus Harimukti Yudhoyono dengan Annisa Pohan, twit 23/7/2013 (Foto: Twitter-Agus Harimukti)

Konggres Partai Demokrat dilaksanakan akibat ketua umumnya Annas Urbaningrum terjerat kasus korupsi yang merupakan rentetan kasus Korupsi terpidana mantan Bendahara umum Partai Demokrat Muhammad Nazruddin. Ayah Edhie Baskoro, Susilo Bambang Yudhoyono yang terpilih sebagai presiden Republik Indonesia selama dua periode berturut-turut adalah salah seorang pendiri Partai Demokrat

Presiden SBY keluarga
Edhie Baskoro bersama keluarga besar presiden Susilo Bambang Yudhoyono dan Ny. Ani di Pantai Kianyar Pacitan 15/10/2013 (Foto:Twitter Ibas Yudhoyono)

Pada tanggal 31 Maret 2013 ia kemudian terpilih sebagai Sekretaris Jendral Partai Demokrat melalui Kongres Luar Biasa di Hotel The Laguna Resort and Spa Nusa Dua Bali.

Anggota DPR-RI periode 2009-2014 di Komisi I bidang Pertahan, Luar Negeri dan Informasi mengundurkan diri sebagai anggota DPR-RI tahun 2013. Pengunduran diri dilakukan dengan tujuan untuk lebih konsentrasi dalam kepengurusan Partai Demokrat.

Edhie Baskoro salah seorang cucu dari almarhum Jenderal TNI (purn) Sarwo Edhie Wibowo yang meninggal dunia pada tanggal 9 November 1989


Presiden Susilo Bambang Yudhoyono bersama istri dan keluarga berziarah kuburan mertuanya Sarwo Edhie Wibowo di Jawa Tengah (Foto: Twitter SBYudhoyono)
Ronamasa