Ronamasa.Com Akhirnya Menyandang Url www.ronamasa.com

10/09/2012
Tak terasa hingga September 2012 Ronamasa.Com bertandang di dunia online internet sudah menginjak usia 1 tahun 6 bulan. Sebelum menyandang nama Ronamasa blog yang meramban dengan url bangahyar.blogspot.com ini bernama Ahyar Blog dengan url yang sama pula. Sejak mulai eksis Ronamasa.Com (Ahyar Blog) hingga ganti nama begitu banyak kenangan suka dan duka yang tak terpisahkan.

Logo Moto Ronamasa.Com
Pada awal beredarnya di dunia maya Ahyar Blog yang ber-uniform resource locator http://bangahyar.blogspot.com sempat online dalam bayang-banyang situs lain. Akibat terbelit bayang-bayang kehebatan situs tersebut Ahyar Blog tidak bisa hadir bersama Url nya sendiri (http://bangahyar.blogspot.com) pada halaman hasil pencarian peramban web browsing.

Media Ronamasa (Ahyar Blog) pertama dibuat pada bulan Februari 2011 ini. Dan kemudian tepatnya pada hari Jum'at 13 Juli 2012 Ahyar Blog menyandang nama Ronamasa.Com yang walaupun masih menggunakan url bangahyar.blogspot.com. Nama Ronamasa diambil dari nama sebuah bukit legenda di Tonggorisa. Seiring berjalan waktu menggeluti dunia blogging seakan hati dan pikiran sudah menyatu dengan dunia online internet. Ronamasa.Com yang eksis pada peramban web dengan url bangahyar.blogspot.com kemudian berganti domain lagi.

Tepatnya hari senin, 10 September 2012 Ronamasa.Com mendaftarkan diri di dunia online internet dengan url baru yaitu www.ronamasa.com. Namun Ronamasa baru dapat beredar di dunia online dengan url www.ronamasa.com pada hari Kamis dini hari 27 September 2012. Keterlambatan itu terjadi karena adanya pengalihan masal tampilan blogger dari tampilan Blogger Lama ke Tampilan Blogger Baru sebagai tampilan default. Saat pengalihan custom domain www.ronamasa.com ini pula terjadi tragedi hacker menimpa salah satu media online register domain terkemuka, GoDaddy yang sempat membuat situs ini down sekitar dua hari dan sempat menganggu pengalihan domain di seluruh dunia.

Pada awal membuat media online yang beroperasi melalui server Google sejak Mei 2007 ini saya benar-benar berangkat dengan ketidaktahuan sama sekali akan dunia blogging. Saya memulai media online diperoleh gratis pertama kali diluncurkan tanggal 23 Agustus 1999 oleh Pyra Lab (en.wikipedi.org/wiki/blogger) ini hanya dengan tekad kenapa mereka yang lebih dulu bergelut di dunia maya bisa memberikan sesuatu yang bisa bermanfaat dinikmati orang lain. Bukan hanya ketidaktahuan akan media media Pyra Lab yang didirikan Evan William ini saja bahkan tidak punya teman seorangpun sebagai tempat bertanya yang berkaitan dengan istilah-istilah template, gadget dan template blog.

Terinspirasi ingin memiliki blog bagus menurut pandangan sendiri kemudian saya mencari menjelajahi posting blogger mencoba menemukan yang dicari. Hingga suatu ketika menemukan kata tag untuk menempatkan sebuah kode. Bagi saya kata Tag ini memiliki kenangan tersendiri hingga sekarang masih melekat membekas dalam ingatan saya.

Ktidaktahuan istilah blogging serta tak punya teman sebagai tempat bertanya tidak menjadikan hati saya mundur untuk mempelajari terus media yang membeli picasa tahun 2004 ini. Namun saya mantapkan tekad untuk memiliki sarana online sebagai media belajar menulis.

Ketika itu saya menjelajahi beberapa media blogger dan kemudian bersandar pada salah satu halaman posting blogger dan menjumpai kata Tag. Kata Tag benar-benar memiliki kenangan indah di mata hati dan perasaan saya. Kata ini begitu sangat asing sekali dalam kehidupan nyata saya. Apa lagi yang namanya istilah-istilah kode CSS maupun HTML/Javascript.

Artikel lainnya:

Sinopsis Acara Kampanca Tradisi Pesta Perkawinan Rakyat Bima
Sejarah Pemerintahan Kabupaten Bima, NTB Sejak Masa Orde Baru
Top Ten Atlet Terkaya Dunia
Top Ten Artis dan Aktor Terkaya Dunia
Sedikitnya 12 Perbedaan Tampilan Antarmuka Blogger Baru Dengan Lama
Ronamasa