Cara Membawa Acara Sebagai MC (Master of Ceremonies) Yang Baik

10/08/2012
Pembawa Acara atau MC (master of ceremony) adalah orang yang ditunjuk dan ditetapkan untuk memimpin, mengatur dan mengendalikan acara selama berlangsungnya kegiatan yang dilaksanakan. Pembawa acara (MC) yang ditunjuk tentunya merupakan orang pilihan atau yang dianggap mampu dan memiliki kecakapan berkomunikasi dengan baik dan lancar.

Berikut ini contoh sederhana membacakan dan membawakan acara sebagai MC (master of ceremonies) atau pembawa acara.

Bissmillahirrahmanirrahim
Assalamu’alaikum Warahmatullahi Wabarakatuh kemudian dilanjutkan dengan salam pembuka. (Alhamduliilahirabbilalamin wassatu wasalamu hingga selesai) atau lainnya
Yang terhormat.......
  • Pejabat yang lebih tinggi kedudukan/jabatan di wilayah dilaksanakan acara
  • Hadirin dan hadirat yang sama saya hormati dan banggakan.
Puji syukur kita panjatkan kehadirat Allah SWT yang senantiasa memberikan rahmat dan lindunganNYA kepada kita semua sehingga kita sama-sama bisa menghadiri pada acara yang dilaksanakan saat ini. Salam dan Salawat kita curahkan kepada junjungan kita, Nabi Muhammad SAW yang telah membuka dan menuntun alam pikir seluruh umat manusia khusus kaum muslimin dan muslimat menujju ke jalan yang diridha oleh ALLAH SWT kemudian sebutkan acara yang diselenggarakan.

Sebagai contoh: Acara pembukaan Musabaqah Tilawatil Qur'an tingkat Desa Tonggorisa Kecamatan Palibelo Kabupaten Bima ke 36 dengan susunan acara sebagai berikut:
  1. Pembukaan
  2. Pembacaan Kitab Suci Al Qur’an
  3. Menyanyikan Lagu Indonesia Raya dan mars MTQ. (Sebelum memulai lagu Indonesia Raya seluruh tamu dan undangan yang hadir dipersilahkan berdiri dan setelah selesai dipersilahkan duduk kembali). Setelah tamu dan para undangan duduk semuanya baru dilanjutkan dengan mars MQ.
  4. Laporan Ketua Panitia Pelaksana MTQ
  5. Pembacaan SK KADES Tonggorisa Tentang Pengangkatan Dewan Hakim
  6. Pelantikan Dewan Hakim oleh Kepala Desa
  7. Sambutan-sambutan
    • Camat Palibelo sekaligus dimohon membuka secara resmi MTQ Tk. Desa Tonggorisa ke 36
    • KUA 
    •  dan pejabat/petugas terkait lainnya
  8. Do’a
  9. Istirahat 
  10. Penutup
Setelah membaca susunan acara, MC menyebutkan acara selanjutnya sekaligus memanggil orang yang ditunjuk berbicara untuk naik di atas panggung/mimbar.
  1. Acara selanjutnya Pembacaan Kitab Suci Al Qur’an. Sebelum menyebut acara dan memanggil orang untuk mengisi acara selanjutnya MC harus memastikan orang/petugas yang berbicara sudah benar-benar sampai dan duduk pada posisi sebelum naik di atas panggung/podium. Begitu juga untuk acara-acara berikutnya.
  2. Acara selanjutnya Menyanyikan Lagu Indonesia Raya dan mars MTQ. (Sebelum memulai lagu Indonesia Raya MC meminta kepada seluruh tamu dan undangan yang hadir dipersilahkan berdiri dan setelah selesai lagu dipersilahkan duduk kembali). Setelah tamu dan para undangan sudah duduk semuanya baru dilanjutkan dengan mars MQ. Untuk lancar dan tertibnya sesi acara ini sebaiknya tim paduan suara dikonfirmasi terlebih dahulu sebelum naik panggung/pentas.
  3. Acara selanjutnya Laporan Ketua Panitia Pelaksana MTQ
  4. Acara selanjutnya Pembacaan SK KADES Tonggorisa Tentang Pengangkatan Dewan Hakim
  5. Acara selanjutnyaPelantikan Dewan Hakim oleh Kepala Desa
  6. Acara berikutnya Sambutan-sambutan
    • Camat Palibelo sekaligus dimohon membuka secara resmi MTQ Tk. Desa Tonggorisa ke 36
    • Sambutan kedua kepada yang terhormat KUA
  7. Acara selanjutnya Do’a
  8. Acara selanjutnya Istrahat dan diselingi acara hiburan (jika ada) 
  9. Kata untuk menutup acara. Dengan berakhirnya penampilan tadi maka seluruh rangkaian acara yang dilaksanakan berakhir pula. Wassamualaikum wr wb.
Ketika sedang membawakan acara dan jika menyadari terjadi kesalahan menyebut baik nama acara, nama orang, title/gelar yang akan dipanggil segera meralatnya. Salah satu kata yang dapat dipergunakan untuk meralat kesalahan yaitu mohon maaf, maksud kami lalu sebutkan nama acara dan atau nama orang atau title yang dimaksud dengan benar dan tepat.

Artikel lainnya:
Tips Menghilangkan Perasaan Takut Sebagai MC Ketika Berada di Atas Panggung
Perencana Pembunuh Penggambar Karikatur Nabi Muhammad divonis 7 Tahun Penjara
Sinopsis Acara Kampanca Tradisi Pesta Perkawinan Rakyat Bima
Contoh Lampiran Surat Keputusan dan Susunan Jabatan Dewan Hakim Pada Lomba MTQ
Menpan: Test CPNS, Kalau Ada Yang Ketahuan KKN Langsung Dipecat
Ronamasa