Membuat Widget Twitter Untuk Blog

6/28/2012
Perkembangan jejaring sosial dalam dunia internet baik yang dapat diakses melalui komputer/laptop maupun berbagai sarana komunikasi lainnya seperti HP/mobile kian hari semakin menjamur. Twitter adalah jaringan sosial berupa mikroblog yang memungkinkan pengguna untuk mengirim pesan yang disebut kicauan (tweets).

Twitter
Twiter yang tergolong microblog ini merupakan situs dimiliki dan dioperasikan oleh Twiter.Inc yang berbasis di San Bruno California sekitar San Fransisco dan juga memiliki server dan kantor di San Antonio, Texas dan Boston Massachhustts.

Microblog adalah suatu bentuk blog yang memungkinkan pengguna untuk menulis teks pembaharuan singkat yang bisaanya kurang dari 200 karakter dan dipublikasikan baik untuk dilihat semua orang atau kelompok terbatas yang dipilih oleh pengguna yang bersangkutan. Perbedaan mikroblog dengan blog lainnya adalah mikroblog memiliki ukuran yang lebih kecil dari ukuran blog.

Widget twitter yang dimaksud pada artikel ini widget twitter yang dapat menampilkan judul posting terbaru dari beberapa judul posting artikel blog yang kita kelola. Dan yang perlu diketahui dalam membuat widget twitter untuk blog pengguna harus mempunyai akun twitter terlebih dahulu. Cara mendaftar Account Twitter di sini.

Cara membuat widget twiter dapat dilakukan dengan langkah-langkah sebagai berikut:
1. Sign di account twitter anda
2. Klick Resources
Registrasi Twitter 1
3. Klick see all widgets
Dapatkan kode twitter 2
4. Klick My Website
Dapatkan kode twitter 3
5. Klick profil widget
6. Atur tampilan widget sesuai dengan keinginan anda
7. Klick Finish & grab code untuk mendapatkan kodenya

Dengan langkah-langkah yang diuraikan di atas berarti anda sudah memiliki widget twitter untuk dipasang pada blog anda. Dan langkah memasang widget twitter dapat ditempuh dengan dua cara yaitu:
  • Klic badge Add to Blogger untuk menempatkan/memasang secara otomatis langsung dalam blog yang kita manage dengan mengikuti langkah-langkah yang dianjurkan, atau
  • Klick copy untuk memasang manual Widget twitter dengan menambah gadget HTML/Javascript. Cara mendapatkan gadget HTML/JavaScript dapat membaca artikel ini
Semoga bermanfaat dan selamat mencoba.

Artikel lainnya:

Cara Menambah Widget Di Bawah Judul Posting Blog
Cara Membuat Badges atau Lencana Facebook Sendiri Untuk Blog
Cara Menampilkan Entry Populer Dalam Blog
Ronamasa