Cara Membuat Tabel Database Microsoft Office Access

8/06/2012
Tabel database merupakan tabel yang berfungsi sebagai sarana utama menyimpan dan menampung data-data database baik data yang diinput langsung melalui tabel database itu sendiri maupun melalui form input data database. Untuk mendesign database perlu dibuatkan beberapa tabel yang terdiri dari tabel data induk dan tabel-tabel pendukung tabel database.

Kedua tabel ini (Tabel induk dan tabel pendukung) nanti akan dihubungkan sesuai kebutuhan data yang dihasilkan. dan antara beberapa tabel akan saling bergantung untuk menghasilkan data database. Data yang tersimpan pada tabel database juga akan dapat menghasilkan data report.

Tabel database yang dibahas di sini dibuat menggunakan microsoft office access. Dan sebelumnya telah disinggung bahwa tabel database terdiri baris dan kolom sebagai sarana utama untuk menginput data yang terdiri dari Field Name, Data Type, dan Discription.

Sekarang kita mulai belajar bersama cara membuat tabel database dengan Microsoft Access dengan langkah-langkah sebagai berikut, yaitu:
  1. Klick Shortcut microsoft office access 2007 seperti yang tampak pada gambar di bawah ini. Jika tidak ada yang muncul pada dekstop lakukan langkah berikut ini, yakni:
    • Klick kanan pada Windows button
    • Klick Kanan All program
    • Cari Microsoft office laku klick Kanan
    • Klick Microsoft Access. Setelah melakukan langkah ini akan muncul gambar seperti pada step ke 3 di bawah
  2. Klick kanan pada blank database
  3. Klick create pada bagian bawah seperti terlihat pada gambar di bawah ini. Tunggu beberapa saat baru akan muncul
  4. Form membuat File Database
  5. Jika melakukan langkah dengan benar maka akan tabel seperti gambar di bawah ini yang merupakan gambar tabel utama database
  6. Design Tabel Database Access
  7. Sebelum merancang Heading tabel, Simpan terlebih dahulu lalu beri nama. Cara menyimpannya sama seperti menyimpan pada excell atau word (Ctrl S).
  8. Design Tabel Database Access  1
  9. Sekarang kita design heading tabelnya sesuai kebutuhan. Jika anda benar-benar pemula dalam hal database dan untuk memudahkan memahaminya buatkan heading tabel seperti gambar di bawah ini lalu simpan.
  10. Design Tabel Database Access
  11. Klick kanan View di pojok kiri menu untuk melihat tabel yang kita buat tadi lalu Save. Hasilnya akan terlihat seperti pada gambar berikut ini.
Tabel Database Access

Dengan tujuh langkah yang diuraikan di atas berarti tabel database sudah jadi. Sedangkan cara membuat form databasenya silahkan mengkuti Cara Membuat Form Database

Artikel lainnya:

Cara Membuat From Aplikasi Database MS Access
Cara Membuat Kontrol Button Form Aplikasi Database MS Access
Cara Membuat From Aplikasi Database MS Access
Cara Memasukan Foto Dalam Form Aplikasi Database Microsoft Access
Cara Membuat Kontrol Button Form Aplikasi Database MS Access
Ronamasa