Profil Kompol Ruslan Kapolsek Cengkareng Jakbar

7/07/2013
Ruslan lahir 7 November 1972 di Desa Tonggorisa Kecamatan Palibelo Bima Nusa Tenggara Barat anak dari pasangan Idris dan Siti Baena. Anak pertama dari 6 (enam) bersaudara yang saat ini berpangkat Kompol menjabat Kanit IV Wassidik Ditreskrimum Polda Metro Jaya. Sebelumnya pernah menjabat Kapolsek Cengkareng Jakarta Barat Maret April 2010 hingga September 2011.

Alumni SPMD "APMD" Yogyakarta tahun 1986 pernah bertugas sebagai Satgas OPS PAM AMM di Aceh Agustus tahun 2005-2006 mendapat pangkat Komisaris Polisi 1 Juli 2009.

Kompol Ruslan
Kompol Ruslan, S.Sos, MH (Foto: Ruslan/dok pribadi)
Ruslan lulusan SEMA PA PK ABRI tahun 1997 ini semasa kecil mengecam pendidikan di Sekolah Dasar Inpres Tonggorisa tamat tahun 1987. Setelah menyelesaikan studi di SMP N 4 Bima tahun 1989 kemudian melanjutkan pendidikan menengah pada salah satu sekolah menengah swasta di Bima di SMA Sinar Jaya Bima dan tamat tahun 1991.

Bapak dua orang anak hasil pernikahannya dengan Bripka Setyati Nurwatiningsih menyelesaikan pendidikan Master bidang Hukum pada Sekolah Tinggi Ilmu Hukum IBLA Jakarta lulusan tahun 2009.

Ayah dari Icha Febriyanti R dan Athaya Aprilianti R sebelum memegang jabatan Penyidik Unit IV/TIPIKOR Krimsus PMJ 22 Maret 2006 menjabat sebagai Wakil Kapolsek Pelabuhan Kalibaru hingga Februari 2006.

Selama menjalankan tugas sebagai pelayan masayarakat telah menerima beberapa tanda jasa diantaranya Satya Lencana Kesatrya Tamtama, Satya Lencana Dharma Nusa, Satya Lencana Kesetiaan 8 tahun

Mendapatkan karir gemilang Ruslan tidak melupakan begitu saja sumber daya manusia tanah kelahirannya. Dalam kerasnya kehidupan di ibukota negara Jakarta Indonesia Ruslan menampung anak-anak daerah Bima khususnya Desa Tonggorisa dengan mendirikan sebuah klub sepakola Rona Masa FC (Roci Mena Mai Ta Sama kai).

FC Ronamasa
FC Rona Masa (Foto: FC Rona Masa/dok)

Rona Masa FC didirikan tahun 2002 di Jakarta dan kini sudah berlaga di liga profesional Liga Sepak Bola Persitara Jakarta Utara. Pada awalnya terbentukya Ronamasa FC meniti prestasi dari kompetisi antar kampung. Saat ini Ronamasa telah memiliki pemain sebanyak 30 orang dengan mengadakan latihan rutin tiga kali seminggu di Stadion Tugu Jakarta Utara.

Rona Masa FC dalam binaan Ruslan yang mendapat pangkat Ajun Komisaris Polisi 1 Juli 2006 telah meraih berbagai prestasi di kancah kompetisi sepakbola profesional. Prestasi diraih diantaranya juara I turnamen NTB Cup tahun 2002, Juara II turnamen sepakbola yang diselenggarakan Karang Taruna Kawasan Berikat Nusantara serta juara II turnamen sepak bola di Perkampungan Industri Kecil (PIK).

Artikel lainnya

Kamus Bahasa Daerah Bima Terjemahan ke Bahasa Inggris-Indonesia: Percakapan Sehari-hari
Sejarah Pemerintahan Kecamatan Palibelo Kabupaten Bima, NTB
Sejarah Terbentuknya Desa Tonggorisa Palibelo
Sejarah Pemerintahan Kabupaten Bima, NTB Sejak Masa Orde Baru
Ronamasa