Cara Membuat Nomor Urut Otomatis Nama-Nama Label Pada Gadget Label Blog

10/29/2012
Label posting blog adalah artikel posting blog yang sengaja ditetapkan dengan teks/kata khusus oleh pembuat/penulis artikel pada halaman edit posting blog. Setiap artikel posting dapat diberi nama label dan juga boleh tidak. Sementara nama label yang ditetapkan pada halaman posting boleh lebih dari satu buah teks label. Selain itu nama label setiap artikel juga dapat dinamakan berbeda-beda masing-masing artikel posting.

Gadget Label blog adalah gadget yang dapat menampilkan sejumlah nama-nama label posting yang ditetapkan oleh pembuat/penulis artikel blog pada halaman edit posting blog.

Nomor urut nama Label Posting Blog
Gambar: Nomor urut nama-nama
Label artikel posting blog
Gadget label blog dapat diperoleh langsung dari dalam media blog yang dikelola blogger bersangkutan. Tampilan default label blog terdiri dari beberapa tampilan yang salah satunya adalah menampilkan jumlah label artikel tertentu yang memang sudah ditetapkan blogger bersangkutan.

Sementara yang dibahas pada posting ini adalah membuat nomor urut otomatis dari sejumlah nama label baik yang sudah ditetapkan maupun label baru yang akan ditetapkan kemudian. Untuk melakukan pengaturan dengan tips ini selain menggunakan tool Add gadget/Tambah gadget juga dilakukan pada template blog.

Trik ini salah satu yang Ahyar peroleh dari hasil belajar media online internet Blogger Google yang telah membeli Picasa Web pada Oktober 2004 dari Pyra Lab. Media online internet Blog pertama kali diluncurkan pada 23 Agustus 1999 oleh Pyra Lab yang didirikan Evan Williams.

Cara membuat nomor urut otomatis nama-nama label blog nama-nama label blog dapat dilakukan dengan langkah-langkah sebagai berikut:
  1. Sign in di blog
  2. Klick Tatak Letak. Langkah ini hanya diperlukan jika blogger belum memasang gadget label blog. Dan jika sudah menempatkan gadget label pada media online internet blog yang dikelola langsung melakukan langkah ke 3 (tiga) berikut ini
  3. Klick Template
  4. Edit HTML
  5. Klick Lanjutkan
  6. Centang kotak kecil Expand Template gadget
  7. Cari kode </macro:includable>
  8. Hapus kode mulai dari <b:section-contents id='sidebar-right-1'> sampai tag penutup widget label </b:widget>. Kode ini terletak pas dibawah kode </macro:includable>
  9. Copy kemudian lalu kode di bawah ini pada kode label yang dihapus tadi
  10. Klick Pratinjau jika ingin melihat hasil sementara dan jika memungkinkan
  11. Klick simpan template untuk menyimpan perubahan yang telah dilakukan
  12. Klick tutup untuk kembali ke halaman sebelumnya
Ini kode yang dicopy dan dipaste sebagai pengganti kode label yang dihapus diatas


Fungsi teks label yang terdapat dalam gadget/widget blog sama dengan teks label yang terlihat pada bagian bawah setiap halaman posting blog.

Jika pengguna online internet klick salah satu dari teks label maka secara otomatis label-label terkait akan dimunculkan semuanya.

Artikel lainnya

Cara Mendapatkan Gadget Label Blog dan Menampilkan Hanya Nama Label Posting Tertentu Saja
Cara Menghilangkan Angka Label Blog - 2
Cara Membuat Menu Horizontal Blog
Cara Menampilkan Entry Populer Dalam Blog
Cara Mendapatkan Goole Site Verifikasi Meta Tag Blog
Cara Membuat Meta Tag Preferensi Penelusuran Blog
Cara Memasang Gambar Logo Blog Pada Header Blog
Cara Membuat Scroll Box atau Kotak Skrol Gadget entri Populer Blog
Ronamasa