Definisi dan Macam-Macam Variabel Penelitian

10/26/2012
Variabel penelitian pada dasarnya adalah segala sesuatu yang berbentuk apa saja yang ditetapkan peneliti untuk dipelajari sehingga diperoleh informasi tentang hal tersebut, kemudian ditarik kesimpulan (Sugiyono, 2003:38).

Menurut hubungan antara satu variabel dengan variabel yang lain maka macam-macam variabel dalam penelitian dapat dibedakan menjadi:
  1. Variabel Independent
  2. Variabel Dependen
  3. Variabel Moderator
  4. Variabel Intervening
  5. Variabel Kontrol
Variabel Independent. Variabel ini sering di sebut sebagai variabel stimulus, prediktor, antecedent. Dalam bahasa Indonesia sering disebut variabel bebas. Variabel bebas adalah variabel yang mempengaruhi atau menjadi sebab perubahannya atau timbulnya variabel dependen (terikat)

Variabel Dependen sering disebut sebagai variabel output kriteria, konsekuen. Dalam bahasa Indonesia sering disebut sebagai variabel terikat. Variable terikat merupakan variabel yang dipengaruhi atau menjadi akibat, karena adanya variable bebas.

Variabel Moderator adalah variabel yang mempengaruhi (memperkuat dan memperlemah) hubungan antara variabel independen dengan variabel dependen.

Variabel Intervening adalah variabel yang secara teoritis mempengaruhi hubungan antara variabel indenpenden dengan dependen menjadi hubungan yang tidak langsung dan dapat diamati dan diukur.

Variabel Kontrol yaitu variabel yang dikendalikan atau dibuat konstan sehingga pengaruh variabel indenpenden terhadap dependen tidak dipengaruhi oleh faktor luar yang diteliti. Variabel kontrol sering dipergunakan peneliti, bila akan melakukan penelitian yang bersifat membandingkan

Sementara pakar lain dalam menentukan variabel penelitian menganut variabel pokok dengan tetap mengemukakan variabel independen dan dependen. Husaini Usman, Purnomo Setiady Akbar (2009: 42) menyatakan penentuan variabel pokok yang meliputi variabel independen dan dependen berdasarkan rumusan hipotesis yang telah dibuat terdahulu. Sebaliknya, hubungan antar variabel pokok ini dibuat gambarnya. Kemudian, dilanjutkan dengan definisi operasionalnya, termasuk di dalamnya tentang cara mengukur serta skala pengukurannya.

Notoadmodjo (2005) mengemukakan Variabel penelitian adalah sesuatu yang digunakan sebagai sifat, ukuran atau ciri yang dimiliki atau didapat oleh suatu penelitian tentang suatu konsep pengertian dan berdasarkan hubungan fungsional antara variabel independent dan dependent.

Artikel lainnya
Pengertian Kebijaksanaan dan Kebijaksanaan Negara
Perbedaan Penelitian Murni dan Penelitian Terapan
Sejarah Pemerintahan Kabupaten Bima, NTB Sejak Masa Orde Baru
Sinopsis Acara Kampanca Tradisi Pesta Perkawinan Rakyat Bima
Ronamasa