Cara Membuat Tabel Query Database Microsoft Access

11/09/2012
Tabel Query adalah tabel untuk menampilkan data tabel database yang bersumber dari beberapa tabel database yang sengaja dihubungkan melalui tabel Query database. Tools penghubung antara data tabel yang satu dengan lainnya dikenal dengan istilah Primary key (kunci utama).

Tabel Primary Key, Tabel Input data dan Tabel Query Database
Gambar: Tabel Primary Key, Tabel Input data 
dan Tabel Query
Tipe File Query pada software aplikasi microsoft office access terdapat empat tipe file yaitu Simple Query Wizard, Crosstab Query Wizard, Find Duplicates Query Wizard, Find Unmatched Query Wizard.

Tabel Query tidak hanya dapat menampilkan data yang bersumber dari beberapa data tabel saja akan tetapi juga dapat dibuat untuk menghitung seperti hasil menghitung dalam microsoft office Excel. Selain itu data tabel Query juga dapat ditampilkan dalam bentuk Form.

Cara membuat tabel Query database dapat ditempuh dengan langkah berikut ini. Namun perlu diketahui tabel Query yang dihubungkan ini merupakan tabel didesign pada bahasan membuat tabel data dan tabel primary key.

Cara membuat tabel Query database sebagai penghubung data beberapa tabel database dapat dilakukan dengan langkah-langkah sebagai berikut:
  1. Buat File Microsoft access
  2. Klick Create pada Menu Tab
  3. Klick Design Query
  4. Tab Design Tabel Query database
  5. Klick:
    • Tabel I lalu klick Add.
    • Klick Tabel II lalu klick Add. Kedua langgkah ini untuk memasukan tabel input pada tabel Query.
    • Form Design Tabel Query Database
    • Jika penulisan KodeJK sama pada tabel input database dan data primary Key maka kedua data tersebut akan langsung saling mengikat. Untuk lebih jelasnya perhatikan gambar dibawah
    • Untuk memasukan data kolom pada tabel Query yaitu klick teks pada kolom sesuai data yang ingin ditampilkan pada tabel Query
    • Design Tabel Query Database
  6. Klick Save untuk menyimpan Perubahan
  7. Klick View untuk melihat
Data yang terdapat dalam tabel Query akan berubah sesuai data yang diinput baik melalui tabel maupun form data database yang sudah dihubungkan sebelumnya.

Artikel lainnya

Cara Membuat Simple Query wizard - MS Access
Cara Membuat From Aplikasi Database MS Access
Cara Membuat Crosstab Query Database MS Access
Cara Membuat Pop Up Form Aplikasi Database Access Bag - 1
Cara Membuat Lookup Wizard Dalam Tabel Aplikasi Database Microsoft Office Access
Kelebihan dan Kekurangan Pengolahan Data Menggunakan Excel dengan Access Database
Ronamasa