Cara Merancang Data Report / Laporan Database Menggunakan Microsoft Access

4/23/2013
Data report dalam aplikasi database merupakan lembaran khusus dipergunakan untuk menampilkan sejumlah database baik data bersumber dari tabel, form input maupun tabel Query database. Dan data yang ditampilkan pada lembaran report (laporan) database ini dapat diatur sesuai bentuk diinginkan antara lain data dapat dikelompokan dan disortir berdasarkan abjad atau nomor.

Report Database Microsoft office access
Gambar:Tampilan Halaman Report Database Access
Pada artikel sebelumnya saya sudah sharing tips membuat lembaran laporan/Report database menggunakan microsoft Office Access dikenal dengan metode report Wizard database. Kalau dibandingkan dengan metode sebelumnya metode diperkenalkan pada artikel ini lebih singkat.

Akan tetapi membuat report database menggunakan report wizard memiliki kelebihan karena perancang dapat memilih kolom data tertentu yang ingin dimunculkan pada lembaran report database.

Cara membuat lembaran laporan/report database menggunakan microsoft office access dapat dilakukan dengan langkah-langkah sebagai berikut:
  1. Klick tab Create
  2. Tempatkan kursor pada nama file (tabel data/tabel Query) database yang akan dibuat lembaran reportnya.
  3. Klick Report yang merupakan sub tab dari Create untuk membuat report database.
  4. Tool Design Report Database
Setelah melakukan step ke 4 (empat) diatas akan muncul lembaran report/laporan database sesuai rincian data kolom serta data yang ada dalam sumber database.

Sementara jika ingin mendesign (rencang) tampilan lembaran database seperti ingin mengurutkan data yang terdapat dalam lembaran database dapat memanfaatkan tools Add a Sort. Tools Add a sort ini berada di bagian bawah data/lembaran report database.

Tools Add A Group dan Add a Sort Database
Gambar: Tools Add a Group dan Add a Sort pada Lembaran Report Database

Jika menggunakan tools Add a Group dan Add a sortir akan muncul tools seperti pada gambar dibawah ini. Tools ini tidak hanya dapat menampilkan data sortir atau mengelompokan data saja akan tetapi juga bisa difungsikan untuk mengatur tampilan data hitugan seperti pada tabel Query database.

Gambar: Tools yang akan muncul setelah menggunakan tools Add a Group atau Add a Sort

Artikel lainnya

Cara Membuat Sound Track Slide Show PowerPoint
Cara Membuat Font / Huruf Default Dalam Lembar Dokumen Offuce Word
Kelebihan dan Kekurangan Pengolahan Data Menggunakan Excel dengan Access (Database)
Cara Menambah atau Menghapus Sheet Microsoft Excel
Ronamasa