Cara Menentukan Referensi-Daftar Pustaka Penulisan Karya Ilmiah Skripsi

5/30/2013
Referensi karya ilmiah merupakan rujukan yang diperoleh dari pendapat pakar/penulis buku, majalah, koran dan lain-lain yang akan dijadikan landasan sumber informasi dalam penulisan karya ilmah seperti skripsi atau makalah.

Referensi penulisan karya ilmiah skripsi-makalah
Dokumen yang dapat dijadikan sumber Referensi
penelitian/Ilustrasi. (Foto: Ronamasa/Ahyar)
Hari ini (28/5) saya menerima kiriman email dari seorang yang mengaku membutuhkan referensi untuk menyelesaikan tugas akhir. Pengirim bernama Ananditha Akbar menginginkan buku referensi dari artikel yang terdapat pada salah satu posting Ronamasa.Com "Jenis-jenis Penelitian dan Definisi Penelitian Berdasarkan Metode"

Ini pesan email dari Ananditha Akbar tersebut:
Saya boleh minta referensinya untuk kep tugas akhir saya pada artikel anda dengan judul Jenis-jenis Penelitian dan Definisi Berdasarkan Metode. Diposkan oleh Ahyar, 10/27/2012. (Ronamasa. Kamis 29 Mei 2013).

Sebelumnya Ronamasa.Com juga pernah menerima pesan email yang boleh dibilang pesan menggoda.

Sebelumnya saya minta maaf kepada saudara atau saudari Anandtya. Bukannya saya bermaksud mengabaikan permintaan anda. Dan atau tidak ingin memberikan apa yang diinginankan oleh anda. Akan tetapi hal tersebut menjadi sebuah pertanyaan besar buat saya pribadi. Kenapa harus membutuhkan referensi lain lagi sementara posting tersebut (http://www.ronamasa.com/2012/10/jenis-jenis-penelitian-dan-definisi.html) dapat dijadikan sebagai referensi. Dengan memasukan url posting tersebut karya ilmiah anda tidak menyalahi aturan penulisan.

Saya menyadari email Ananditha Akbar tidak dimasukan dalam pesan spam. Akan tetapi anda saya pribadi saat ini belum berani membalasnya karena alasan yang sangat mendasar. Terus terang saat ini kotak email saya penuh dengan pesan spam yang dalam sehari masuk dapat mencapai puluhan email.

Dan terlepas dari hal tersebut serta kecurigaan berlebihan saya merasa ada kejanggalan diantaranya:
  1. Kenapa anda harus mengirim langsung permintaan pada email saya dan tidak menggunakan form komentar yang terdapat pada halaman posting dimaksud
  2. Dan kalaupun ingin mengirim pesan melalui email saya kenapa juga tidak memberikan komentar melalui form. Padahal Ronamasa.Com telah menyediakan fasilitasnya yang dapat dipergunakan oleh pemilik email.
  3. Dalam tulisan pada halaman posting tersebut saya juga sudah mencantumkan nama pengarang, halaman buku serta tahun terbitnya.
  4. Saya juga melakukan cross cek melalui grafik statistik user pengakses media Ronamasa.Com dalam waktu tertentu. Anehnya artikel yang diminta tidak terdapat dalam statistik peneluran user www. ronamasa.com pada hari menerima email. Padahal jika ada halaman dikunjungi user halaman/judul posting tersebut seharusnya akan muncul dalam statistik Ronamasa.Com.
Terkait dengan permintaan Ananditha Akbar saya sarankan, jika ingin menggunakan tulisan pada halaman posting tersebut sebagai sumber referensi cukup menuliskan/masukan dalam daftar pustaka penulisan karya ilmiah anda yaitu:
http://www.ronamasa.com/2012/10/jenis-jenis-penelitian-dan-definisi.html

Artikel lainnya

Contoh Rumusan Masalah, Hipotesis dan Analisis Data Penelitian
Contoh Pertanyaan Penelitian Untuk Mengukur Variabel Situasi Kepemimpinan Menggunakan Checklist
Nama-Nama Perguruan Tinggi Kabupaten dan Kota Bima, Pulau Sumbawa NTB
Nama Dosen Pengajar STISIP Mbojo Bima, NTB
Ronamasa