Begini Gaya Sekolah Siswa SMP Dana Bos

6/11/2013
SMP Negeri 1 Palibelo yang berlokasi di Desa Teke Kecamatan Palibelo Bima saat ini telah menyediakan sarana transportasi antar jemput siswa didiknya. Setiap hari sekolah siswa tinggal menunggu kendaraan tanpa bangku duduk disiapkan sekolah di desa tempat tinggalnya masing-masing.

Siswa hanya dapat menikmati perjalanan ke sekolahnya walau hanya duduk di atas atap depan mobil colt yang dapat membahayakan keselamatan jiwanya bahkan merenggut nyawanya.

Berdasarkan pengakuan siswa biaya transportasi langsung dibayar oleh pihak sekolah bersumber dari dana bantuan BOS.

Gaya Sekolah biaya Dana BOS
Siswa SMP N 1 Palibelo sedang berada di atas kendaraan antar jemput yang disediakan oleh SMP Negeri 1 Palibelo. (Foto: Ronamasa/Ahyar)

Biaya sewa transport antar jemput ditanggung oleh sekolah, kata siswa yang saat itu sedang menunggu kendaraan menjemputnya.

"Sekolah membayar biaya setiap 1 orang siswa sebesar 25.000 perbulan", jawab siswa.

Siswa tidak menerima uang dari sekolah akan tetapi langsung dibayar oleh sekolah kepada pengelola kendaraan bersangkutan.

"Biaya itu langsung dibayar oleh sekolah", lanjut siswa

Transportasi Dana Bos disediakan sekolah

Sebelumnya adanya kendaraan disediakan oleh sekolah siswa yang bersekolah di SMP pertama kali ada di Kecamatan Belo ini menggunakan biaya sendiri. Kecamatan Palibelo merupakan kecamatan pemekaran dari Kecamatan Belo Kabupaten Bima, Nusa Tenggara Barat pada masa pemerintahan Bupati Ferry Zulkarnain dengan wakilnya Usman Ak.
Ronamasa