Kuda Angkut Pasir Juara Umum I Lomba Pacuan Kuda Bima di Panda

1/01/2014
Kuda yang sehari-harinya dipergunakan oleh pemiliknya untuk menggerek geobak pengangkut pasir dari sungai meraih juara umum 1 kelas OA dan berhak mendapatkan satu unit motor bebek pada lomba pacuan kuda di lapangan pacuan Panda Kabupaten Bima, NTB pada hari Selasa (31/12). Kuda pemilik Ahmad asal Desa Teke Kecamatan Palibelo ini maju bertarung untuk kategori juara umum karena pada juara kelas berhasil menempatkan dirinya yang tercepat pada kelasnya.

Pacuan kuda Sumbawa Bima
Kuda pacuan saat dilepas oleh juri start di lapangan pacuan kuda Panda Kecamatan Palibelo Kab. Bima, Selasa 31/12/2013. (Foto: Ronamasa/Ahyar)

Kompetisi pacuan kuda di lapangan pacuan kuda Panda Kabupaten Bima berlangsung selama sembilan hari sejak hari Sabtu 21 Desember 2013. Sedianya pacauan akan berakhir hari Minggu 29 Desember 2013. Namun panitia pelaksana tidak melangsungkan pacuan selama dua hari untuk memberi penghormatan terakhir kepada Bupati Bima Ferry Zulkarnain yang meninggal dunia di RSUD Bima pada hari Kamis 26 Desember 2013. Babak final dan sekaligus acara penutupan dilaksanakan pada hari Selasa, 31 Desember 2013


Hadiah pacuan kuda beberapa tahun belakangan ini lumayan besar dibanding sebelumnya. Mantan Walikota Bima, Nur Latif (alm) adalah orang yang pertama menyediakan hadiah sebuah motor untuk juara Umum. Kuda pacuan yang berlaga khususnya di pulau Sumbawa NTB dinaiki Joki anak usia masih sekolah dasar kelas III hingga kelas VI

Pacuan kuda merupakan salah satu kalender yang ditetapkan oleh pemerintah kabupaten Bima setidaknya dilaksanakan dua kali dalam setiap tahunnya. Untuk pengamanan pelaksanaan pacuan kuda yang sangat diminati masyarakat pulau sumbawa, NTB panitia pelaksanaa mengadakan kerja sama dengan pihak keamanan dari kepolisian Polres Bima serta Kodim Bima.

Artikel lainnya

Video Kunjungan Terakhir ke Desa Bupati Bima Ferry Zulkarnain Sehari Sebelum Wafat
Foto: Motor Cross di Sirkuit Panda Palibelo Bima Tahun 2013
Jadwal Pertandingan Piala Dunia di Brasil 2014
Road Show Piala Dunia Tahun 2010 di Afrika selatan
Ronamasa