Warga Tonggorisa Palibelo Buka Jalan Ekonomi Baru

10/03/2013
Warga Desa Tonggorisa Kecamatan Palibelo Kabupaten Bima membuka jalan ekonomi baru. Lokasi jalan yang berada diujung timur perkampungan warga atau didepan SD Inpres Tonggorisa dirintis dan dibuka atas gagasan Forum Peduli Penata Lingkungan dan Penanggulangan Penyakit Sosial Masyarakat pada September 2013.

Jalan yang sebelum dikerjakan alat berat kendaraan ekskavator ini pertamanya dirintis dengan cara gotong royong oleh masyarakat. Sementara ekskavator yang didatangkan oleh pemerintah kabupaten Bima atas permintaan pengurus Forum ketika Wakil Bupati Syafruddin melakukan dialog dengan masyarakat Desa Tonggorisa dalam rangka agenda pemerintah Kabupaten Bima pada acara BBGRM (Bulan Bakti Gotong Royong Masyarakat).

Warga Tonggorisa sedang gotong royong merintis jalan ekonomi baru dikawasan ujung timur Desa Tonggorisa Kecamatan Palibelo Bima, NTB (Foto: Ronamasa/Ahyar)


Pada agenda BBGRM Bupati/Wakil Bupati akan mengunjungi 191 Desa yang meliputi 18 (delapan belas) kecamatan Kabupaten Bima.

Perkampungan penduduk Desa Tonggorisa Kecamatan Palibelo dari atas Sori (sungai dibawah sumber mata air O'o kawasan Donggo Na'e (Foto: Ronamasa/Ahyar)

Ekskavator
Jalan ekonomi baru sebelum dikerjakan ekskavator di atas bukit sebelah timur Sori di Desa Tonggorisa Kecamatan Palibelo (Foto: Ronamasa/Ahyar)

Adapun tujuan masyarakat membuka jalan ekonomi baru ini adalah untuk memudahkan pengangkutan hasil petani tegalan hingga kawasan tegalan Nggaro lembo Donggo Na'e dan Nando Wadu di bukit yang berada disebelah utara perkampungan warga. Panjang jalan ekonomi baru direncanakan dari perkampungan warga hingga sumber mata air o'o diperkirakan sekitar 2 km


Ekskavalator
Kendaraan Ekskavator sedang meratakan jalan ekonomi yang kondisi tanahnya bebatuan dikawasan Sori dibawah sumber mata air "Oi O'o" Desa Tonggorisa Kecamatan Palibelo Bima (Foto: Ronamasa/Ahyar)

Warga langsung dapat menikmati jalan ekonomi dari atas bukit beberapa saat setelah dikerjakan ekskavator bantuan pemda Kabupaten Bima (Foto: Ronamasa/Ahyar)

Artikel lainnya

Warga Tonggorisa Beli Swadaya Kuburan Seharga Rp. 11 Jura
Ferry Zulkarnain Bupati Bima Pertama Pilihan Rakyat Bima
Sejarah Terbentuknya Desa Tonggorisa Palibelo
Warga Tonggorisa Pulang Kampung Halaman Ke Desa Tonggorisa
Kamus Bahasa Daerah Bima Terjemahan ke Bahasa Inggris-Indonesia: Percakapan Sehari-hari
Ronamasa