Begini Gaya Barack Obama Disumpah Jadi Presiden USA

2/03/2013
Barack Obama disumpah jadi presiden USA ke 57 pada 21 Januari 2013 di Capitol Washington USA. Dan pada detik-detik pelaksanaan terdapat moment yang menjadi bahan pembicaraan publik khususnya Amerika Serikat yang merdeka dari Inggris tahun 1776.

Pada saat ini pula artis yang menyanyikan lagu kebangsaan Amerika Serikat, Beyonce ramai dibicarakan publik di media masa. Ibu dari Blue Ive dari pernikahan dengan penyanyi Hip Hop Jay Z diperbincangkan terkait Lip Sync. Lip Sync merupakan salah satu teknik menyanyi dengan tidak menyanyikan secara live. Penyangi tetap menggerakan bibir namun tidak mengeluarkan suara walaupun mengikuti irama musik pengiring live

Calon Presiden dan Wakil Presiden dari partai Demokrat, Barack Obama dan Joe Biden bersama pendukungnya merayakan kemenangan setelah mengetahui sudah mengantongi 303 suara elektoral. Sementara calon dai partai Republik, Mitt Romney baru memperoleh dukungan 206 suara. Perolehan ini belum termasuk suara di negara bagian Florida pada hari pencoblosan pemilihan presiden USA tanggal 6 November 2013.

Sementara itu pada detik-detik pengucapan sumpah Barack Obama didampingi istri dan kedua putrinya. Tampak terlihat putri termuda dari Barack Obama dan Michelle seperti tersenyum ketika Barack Obama meletakan tangan di atas Kitab Suci agama dianutnya.

Upacara pelantikan Barack Obama
Upacara sumpah pelantikan Obama sebagai presiden USA ke 57 di Capitol Washington USA,
Senin 21 Januari 2013 (Foto: AP/abcnews.com)

Berdasarkan Konstitusi AS, setiap negara bagian mendapat jatah suara elektoral yang disesuaikan dengan populasi. Kandidat dinyatakan menang jika memperoleh 270 elektoral.

Artikel Lainnya

Beyonce, Katty Pery dan Kelly Clarkson Meriahkan Acara Pelantikan Barack Obama
Naskah Asli Pernyataan Berhenti Soeharto Sebagai Presiden RI, 21 Mei 1998
Inilah Senjata Kekuatan Iran Melawan Sanksi Embargo Ekonomi USA dan Negara Sekutunya
Nama-Nama Presiden Wanita di Seluruh Dunia Periode 1974 - 2011
Inilah Wanita Perselingkuhan Presiden USA, John F Kennedy
Ronamasa