Nikah: Kalondo Wei (Jemput Pengantin Wanita) Tradisi Daerah Bima, NTB

12/21/2014
Kalondo Wei (Jemput pengantin wanita) daerah Bima Nusa Tenggara Barat merupakan tradisi warisan leluhur sejak dahulu kala. Acara ini umumnya dilaksanakan pada malam hari sesudah akad nikad antara orang tua/Wali pengantin wanita dengan calon pengantin Pria serta pesta Kapanca.

Video Kalomlo dapat ditonton dalam video dibawah

nikah kalondo wei tradisi nikah bima,ntb
Pengantin Wanita sedang ditandu pada acara Kalondo Wei (Jemput Pengantin Wanita) pernikahan salah seorang warga Desa Tonggorisa Palibelo Bima (Foto: dok.ronamasa/Ahyar-Oktober 2014)

nikah kalondo wei (jemput pengantin wanita) tradisi nikah bima,ntb
Kalondo Wei (Jemput Pengantin Wanita) pernikahan salah seorang warga Desa Tonggorisa Palibelo Bima (Foto: dok.ronamasa/Ahyar-Oktober 2014)

Dalam acara Kalomdo Wei (penjeputan pengantin wanita) Pengantin Pria yang akan menjemput pengantin wanita di rumahnya akan didampingi sanak keluarganya dengan iringan zikir hadrah rebana. Pengantin Wanita yang sudah didandan sedemikian cantik kemudian menemui rombingan yang datang. Pada saat akan keluar pintu rumah pengantin wanita dilempari dengan beras kuning oleh rombongan penjemput lalu diantarkan menuju paruga tempat berlangsungnya acara ditandu dengan kursi diikuti pengantin pria serta rombongan sanak keluarga.

Dalam perjalanan menuju paruga tempat berlangsungnya acara selain pihak keluarga juga disaksikan warga yang ikut meramaikannya. Di paruga pengantin pria dan wanita dapat duduk bersanding di depan para undangan dan warga yang ikut menyaksikan acara.

Namun tradisi Kalondo Wei (Jemput Pengantin Wanita) kini mulai hilang dimakan usia. Dan memang berdasarkan informasi dari berbagai nara sumber konon acara Kalondo Wei (Jemput Pengantin Wanita) hanya dilakukan oleh warga golongan kaya. ACara Kalondo Wei (Jemput Pengantin Wanita) merupakan salah satu hari dari tujuh hari perayaan pernikahan dilakukan di Dana Mbojo tempo dulu. Kalondo Wei (Jemput Pengantin Wanita) adalah warisan Raja Kesultanan Bima Sultan Abdul Kahir I yang dinobatkan 5 Juli 1640 M .

Ronamasa