Perbedaan Penelitian Terapan Dengan Penelitian Murni

10/25/2012
Penelitian adalah kegiatan yang dilakukan untuk mendapatkan data yang valid, reliable dan obyektif tentang suatu gejala yang ingin diketahui. Mardalis (2007:14), mengatakan penelitian adalah suatu metode ilmiah yang memerlukan sistematika dan prosedure yang harus ditempuh dengan tidak mungkin meninggalkan setiap unsur, komponen, yang diperlukan dalam suatu penelitian.

Jenis penelitian dapat dikelompokan berdasarkan Tujuan, Pendekatan, Tingkat eksplansi, dan analisis dan jenis data. Penelitian menurut tujuan terdiri dari penelitian murni dan penelitian terapan

Gay (1977) mengatakan bahwa sulit membedakan antara penelitian murni dan penelitian terapan secara terpisah karena keduanya terletak pada satu garis kontinum. Menurut tujuannya penelitian murni adalah penelitian untuk mengembangkan teori dan tidak memperhatikan kegunaan yang langsung bersifat praktis. Sementara penelitian terapan tujuannya adalah menerapkan, menguji, mengevaluasi kemampuan suatu teori yang diterapkan dalam memecahkan masalah-masalah praktis.

Uma Sekaran dalam bukunya Research Methode for Business (1994, dalam Sugiyono, 2003) menyatakan bahwa, bila penelitian diarahkan untuk mendapatkan informasi yang dapat digunakan untuk memecahkan masalah, maka penelitian tersebut dinamakan penelitian terapan, tetapi bila penelitian yang diarahkan untuk sekedar memahami masalah organisasi secara mendalam (tanpa ingin menerapkan hasilnya) maka penelitian tersebut dinamakan penelitian dasar/murni.

Jujun S Suriasumantri (1985, dalam sugiyono 2003) mengatakan bahwa tujuan penelitian murni (dasar) adalah untuk menemukan pengetahuan baru yang sebelumnya belum pernah diketahui sedangkan penelitian terapan tujuannya adalah untuk memecahkan masalah-masalah kehidupan praktis.

Sementara Hadari Nawawi (2001:31) mengatakan bahwa penelitian Murni (Pure Research atau Basic Research) yang diselenggarakan dalam rangka memperluas dan memperdalam pengetahuan secara teoritis. Oleh karena itu disebut juga sebagai Penelitian Teoretis (Theoretical Research). Sedangkan Penelitian Terapan atau penelitian terpakai (Applaid Research) yang diselenggarakan dalam rangka mengatasi masalah nyata dalam kehidupan, berupa usaha menemukan dasar-dasar dan langkah-langkah perbaikan bagi suatu aspek kehidupan yang dipandang perlu diperbaiki.

Artikel lainnya

Teknik Membuat Proposal Bantuan
Sejarah Terbentuknya Desa Tonggorisa Palibelo
Prinsip-prinsip Kebijakan Publik
Sejarah Pemerintahan Kabupaten Bima, NTB Sejak Masa Orde Baru
Ronamasa