Manfaat Buah Pepaya Untuk Kesehatan

7/03/2012
Buah pepaya yang selama ini kita makan ternyata memiliki manfaat lain selain rasanya yang manis dan lezat juga bermanfaat mencegah penyakit seperti penyakit kanker.

Buah Pepaya
Buah Pepaya
Dalam dunia kesehatan Pepaya dikenal sebagai salah satu buah yang mengandung lycophene, yaitu zat yang sangat efektif dalam mencegah dan memerangi penyebaran sel kanker.

Berdasarkan hasil penelitian yang dilakukan universitas Florida menemukan bahwa Pepaya efektif sebagai agen anti kanker untuk melawan jenis kanker seperti rahim, payudara, hati, paru-paru dan pankreas. Hasil dari penelitian itu dipublikasikan dalam jurnal Ethnopharmacology.

Hasil penelitian ini diketahui setelah dilakukan pengujian menggunakan teh yang dibuat dari ekstrak daun pepaya kering yang dikenal bisa meningkatkan zat kimia yang mengatur sistem kekebalan tubuh.

Dr Nam Dang dari Universitas Florida mengatakan bahwa ekstra pepaya yang diuji di laboratorium ini tak memiliki efek samping beracun terhadap sel yang normal. Sehingga kemungkinannya ia bisa digunakan sebagai obat alternatif. Penelitian lanjutan masih diperlukan untuk menentukan efek yang dihasilkannya jika ia masuk kedalam tubuh.

Dalam hal kandungan lycophene, ternyata Pepaya juga memiliki kandungan lain berupa sumber vitamin C, potasium dan asam folat yang membuatnya menjadi buah yang sangat menyehatkan.

Sumber : Yahoo News Indonesia

Artikel lainnya

5 Faktor Yang Dapat Mempengaruhi Penyakit Ginjal Kronis
Enam Kebiasaan Yang Dapat Merusak Kulit
Tiga Mitos Tumbuhnya Jerawat dan Kebenarannya
Bahaya Kebanyakan Duduk Picu Penyakit Kronis Diabetes Tipe 2
Ronamasa