Manfaat Tertawa Bagi Kesehatan

7/10/2012
Kese Tahopu Dua (Sendiri lebih baik ada teman) demikian bunyi petuah bahasa Bima. Kalimat ini kalau dikaitkan dengan kehidupan didunia ini khususnya dalam hal interaksi sepertinya memiliki hubungan dengan perkembangan kejiwaan seseorang.

Lourdes Leon Madonna
Hal itu bisa terjadi karena dengan adanya seseorang berada sama kita, di saat itu pula kita dapat bercerita dan mencurahkan suka ataupun duka tentang sesuatu hal yang pernah dijalani atau dilihat pada waktu yang telah lalu. Perbincangan inipun akan semakin lebih menarik lagi apabila disaat berbicara tersebut terselip hal-hal lucu yang mengundang dan membuat tertawa.

Tertawa adalah bahasa tubuh yang keluar secara spontan karena seseorang menganggap ada hal yang menarik atau lucu dari yang didengar atau lihat pada saat seseorang tertawa. Dan tertawa tidak hanya sekedar mengekspresikan/meluapkan perasaan geli atau gembira pada saat itu akan tetapi juga memiliki sisi positif baik terhadap diri sendiri ataupun lawan bicara kita.

Berikut ini lima (5) manfaat tertawa berdasarkan hasil penelitian, yaitu:
* Lebih mudah bernafas
Sembilan puluh prosen tertawa melibatkan pernafasan yang dalam," kata Dacher Keltner, Ph.D., guru besar psikologi di University of California di Berkeley dan penulis buku Born to Be Good. "Ketika menghembuskan nafas, denyut nadi dan tekanan darah turun dan Anda memasuki kondisi tenang. Anda akan merasakan sensasi pelepasan dari tertawa."

* Hubungan yang lebih baik.
Pasangan yang menceritakan lelucon ringan dan ikut tertawa untuk meredakan ketegangan cenderung memiliki perkawinan yang lebih baik, kata psikolog John Gottman, Ph.D., dari Gottman Institute, pusat konseling masalah hubungan sosial di Seattle.

* Melawan stres
Tertawa bisa menurunkan hormon stres dopac, kortisol, dan epinephrine sampai berturut-turut 38%, 39%, dan 70% menurut penelitian di Loma Linda University, California. Penelitian di Universitas Maryland dengan mempertontonkan film pendek, mereka yang menonton film jenaka mengalami peningkatan aliran darah ke jantung sebanyak 22%.

* Merasa lebih sehat
Tertawa tak hanya melepaskan ketegangan, tapi juga membuat Anda lebih sehat. Orang yang tertawa 10 - 25 kali sehari lebih sedikit terkena penyakit dibandingkan dengan mereka yang kurang dari jumlah itu dalam seharinya. Begitu menurut penelitian International Journal of Medical Sciences tahun 2009.

* Bekerja lebih baik
Menurut survei Men's Health, dari hampir 600 lelaki yang menjadi responden, 73%-nya menyatakan bahwa memiliki selera humor membuat mereka lebih baik dalam bekerja.

Referensi: Tribunews.com

Artikel lainnya

Lima Faktor Yang Dapat Mempengaruhi Penyakit Ginjal Kronis
Enam Kebiasaan Yang Dapat Merusak Kulit
Tiga Mitos Tumbuhnya Jerawat dan Kebenarannya
Bahaya Kebanyakan Duduk Picu Penyakit Kronis Diabetes Tipe 2Lima (5) Kegunaan Air Kelapa
Ronamasa