Cara Membatasi Jumlah Komentar Visitor Blog Pada Halaman Posting Tertentu

10/24/2012
Form Komentar visitor blog adalah kolom yang disediakan khusus oleh blogger untuk memberi kesempatan pengunjung blogger memberikan komentar atas artikel pada halaman posting blog. Tools ini biasanya berada pada bagian bawah halaman posting blog. Dan yang inti bahasan adalah membatasi jumlah komentar visitor pada halaman posting tertentu yang telah ada sebelumnya.

Form Komentar Visitor Blog
Gambar: Form Komentar Visitor Blog
Pada tampilan default blogger menggunakan template gratis blogger blogspot kolom komentar visitor blog terdapat tiga pilihan yang dapat ditetapkan untuk ditampilkan pada halaman posting. Ketiga pilihan tampilan form komntar tersebut yaitu:
  1. Izinkan. Pilihan ini form tetap tersedia pada halaman posting blog yang ditetapkan atau tidak ada batasan.
  2. Jangan Bolehkan, Sembunyikan yang ada. Artinya form komentar visitor tidak terlihat lagi pada halaman posting yang ditetapkan. Yang muncul hanya komentar visitor-komentar visitor yang sudah ada sebelumnya saja
  3. Jangan Bolehkan, sembunyikan yang ada mode tulis. Jika menetapkan pilihan ini, form komentar tidak terlihat pada halaman posting yang ditetapkan. Dan walaupun ada komentar visitor sebelum ditetapkan pilihan ini, komentar visitor tersebut juga tidak muncul pada halaman posting .
Pada tampilan antarmuka blogger lama (old blogger interface) pilihan untuk mengatur tampilan form komentar berada pada bagian bawah halaman posting. Sedangkan pada tampilan antramuka blogger baru pilihan ini berada disamping halaman edit posting blog.

Jika ingin menerapkan pengaturan ini agar dilakukan pada halaman posting yang telah memiliki komentar pengunjung dalam jumlah banyak. Hal ini dimaksudkan jika dianggap perlu bagi pengelola blog untuk mengurangi beban berat loading halaman posting.

Cara mengatur membatasi jumlah komentar visitor blog pada halaman posting tertentu dapat dilakukan dengan langkah-langkah sebagai berikut:
  1. Pilih judul posting yang ingin dibatasi jumlah komentar visitor. Pilih halaman posting yang telah komentar.
  2. Klick Post Option untuk melihat tiga pilihan
  3. Tandai kotak kecil pada teks Jangan bolehkan, tayangkan yang ada
  4. Form Komentar Visitor Blog
  5. Klick Selesai untuk menyimpan perubahan pengaturan yang telah dilakukan
  6. Klick terbitkan entry untuk mempublikasikan
  7. Klick Lihat untuk melihat hasilnya

Hasil dari pengaturan di atas pada halaman posting blog muncul pesan Komentar baru tidak diizinkan (New comments are not Allowed) pada bagian bawah komentar yang telah ada atau diatas kolom Posting Lebih Baru, Beranda, Posting Lama.

Pesan Komentar visitor terbatas
Gambar: Tampilan halaman posting yang dibatasi jumlah komentar visitor

Selamat mencoba, salam sukses buat anda yang berkunjung saat ini

Artikel lainnya

Cara Membatasi Jumlah Komentar Visitor Blog Pada Halaman Posting Tertentu
Cara Membuat Link Terkait Atau Link Tautan Blog
Cara Membuat Logo Favicon Blog Yang Benar dan Tepat
Cara Mendapatkan Goole Site Verifikasi Meta Tag Blog
Cara Membuat Meta Tag Preferensi Penelusuran Blog
Istilah Yang Wajib Diketahui Blogger Untuk Menata Tampilan Media Online Blog
Ronamasa