Cara Mempercepat Loading Blog

9/12/2012
Kecepatan loading media online internet merupakan salah satu hal yang sangat penting dan tidak boleh dikesampingkan untuk diperhatikan oleh pengelola/pemilik media online. Memiliki media online cepat loading dapat menjadi sanjata ampuh yang sangat bagus untuk mencoba meraih simpatisan pengunjung di samping memiliki artikel berkualias/bermutu di mata pengunjung.

Blogger
Kedua faktor di atas akan dapat menjadi penilaian tersendiri bagi visitor sekaligus penentu kesuksesan media. Tidak dapat dipengkuri kesuksesan suatu media online penentu utamanya adalah dapat meraih pengunjung dalam jumlah besar dari waktu ke waktu dan terus meningkat. Pengunjung media dapat diibaratkan sebagai raja.

Dan jika pengunjung merasa kurang berkesan terhadap media online yang kita kelola maka dikhawatirkan ke depannya pengunjung kurang suka mengakses media kita lagi. Bila hal ini terjadi pengelola media akan kehilangan kesempatan meraih simpatisan pengunjung dan akan sulit berkembang menjadi media yang besar.

Lamban loading baik pada halaman beranda (home) maupun halaman judul posting tertentu blog dapat disebabkan dan dipengaruhi antara lain:
  1. Terlalu banyak halaman posting yang ditampilkan pada halaman beranda
  2. Akibat adanya widget pihak ke tiga yang dipasang pada sidebar bukan pada posisi sebenarnya
  3. Akibat besar size gambar yang ditampilkan pada halaman posting
  4. Akibat banyaknya jumlah slideshow yang ditampilkan seperti menggunakan picasa web
Salah satu solusi untuk mengantisipasi lamban loading atau cara mempercepat loading blog khususnya pada halaman beranda yaitu mengurangi jumlah posting yang ditampilkan pada halaman beranda. Cara pengaturannya sebagai berikut, yaitu:
  1. Sign in di blog
  2. Klick Setelan/pengaturan
  3. Klick Format
  4. Pada teks Tampilkan sebanyak mungkin dengan angka yang lebih kecil
  5. Setting Laman Blogger
  6. Klick Simpan Setelan yang berada pada bawah halaman pengaturan untuk menyimpan perubahan pengaturan.
Mengganti angka pada Tampilkan Sebanyak Mungkin adalah untuk mengatur jumlah/banyaknya halaman yang akan ditampilkan pada halaman utama/beranda (home) blog. Jika ingin menampilkan jumlah posting agak lebih banyak pada halaman beranda usahakan menggunakan readmore (baca selanjutnya). Readmore merupakan tools untuk menampilkan hanya sebagian saja redaksi dari keseluruhan redaksi yang tertulis dalam halaman posting tempat membuat readmore.

Sementara itu Google support menyarankan jika memasang widget media pihak ke tiga usahakan widget tersebut ditempatkan di bagian bawah sidebar.

Artikel lainnya

Cara Membuat Teks Area Dalam Posting Blog
Cara Menghilangkan Tanggal Postingan Blog
Cara Mengatur Jarak Widget Side Bar Blog Secara Default
Cara Membuat Slideshow Judul Postingan Blog Terbaru
Ronamasa