Cara Mengembalikan File Komputer/Laptop Terhapus

9/14/2012
Pada posting akan dibahas komentar salah seorang pengunjung Ronamasa.Com berkaitan file/dokumen komputer terhapus. File komputer yang dikembalikan pada lokasi drive sebelumnya dalam bahasan ini adalah file yang belum terhapus permanent oleh operator komputer yang bersangkutan.

File komputer yang dihapus oleh operator komputer/laptop/notebook biasanya tidak langsung terhapus secara permanen akan tetapi tersimpan terlebih dahulu pada tools Recycle Bin. Recycle Bin merupakan sarana tempat transitnya seluruh file komputer/laptop yang dihapus oleh operator.

Cara mengembalikan file dokumen komputer/laptop/notebook dapat dilakukan dengan langkah-langkah sebagai berikut, yaitu:
  1. Klick kanan pada Recycle Bin atau Klick kiri 2 kali. Kalau melakukan klick kiri 2 kali pada tool recycle bin langkah kedua tidak perlu dilakukan karena file semua file yang ada dalam recycle bin akan langsung muncul semuanya
  2. Klick Open
  3. Klick kanan pada nama file yang ingin dikembalikan. Tampilan file dalam recycle bin akan terlihat seperti gambar di bawah ini jika menerapkan tampilan file dengan metode detail
  4. Klick kiri pada teks Restore
Setelah Klick Restore maka file yang dipilih tadi tadi akan langsung tersimpan kembali (restore) sesuai lokasi file tersebut dihapus.
Ronamasa