Istilah-Istilah Blog Yang Wajib Diketahui Blogger Untuk Menata Tampilan Media Online Blog

10/24/2012
Bagi blogger yang ingin cepat menguasi dalam hal menata tampilan blog yang dikelola sehingga dapat terlihat bagus menurut cara pandang blogger sendiri ada beberapa istilah wajib diketahui. Istilah-istilah ini merupakan tools kunci yang kerap dijumpai, tersedia serta dipakai oleh perancang template blog manapun di dunia ini.

Blogger
Jika sudah mengenal dan memahami tools-tools, letak serta fungsinya ke depannya blogger sudah tidak mengalami masalah lagi ketika ingin menata media online blog.

Istilah-istilah yang wajib diketahui jika ingin membuat dan menata penampilan media online internet blog yang dikelola antara lain yaitu:
  1. Template blog
  2. Halaman posting 
  3. Link/url (uniform resource locator)
  4. Teks Link
  5. Header blog
  6. Gadget/widget
  7. Menu (menu dropdown, menu horizontal)
  8. Add gadget/tambah gadget
  9. Footer
  10. Tag
  • Template blog adalah wadah untuk menulis kode CSS, HTML/JavaScript sebagai tempat khusus merancang (design) media online blog. Template merupakan motor penggerak utama yang menjalankan media online blog. Ramahnya media online blog pada search engine, web browsing serta kecepatan loading blog akan sangat ditentukan penulisan kode-kode dalam template blog. Template blog terdiri dari halaman yaitu halaman Edit HTML, dan Template Widget. Kode yang terdapat dalam template blog selain dapat dirubah sesuai ketentuan online internet juga dapat ditambah dengan kode-kode lain. Dengan catatan kode yang tambahkan tersebut didukung dan dapat bekerja sesuai standard kode yang berlaku dalam template blog.
  • Halaman posting blog adalah halaman untuk membuat/menulis artikel yang akan dipublikasikan online internet. Posting yang dipublikasikan ini akan dapat diakses oleh seluruh pengguna online internet seluruh dunia baik pada waktu yang bersamaan atau berlainan waktu. Halaman edit posting terdiri dari 2 (dua) bentuk halaman edit posting yang masing-masing memiliki fungsi dan kegunaan masing-masing. Tampilan Compose adalah halaman edit posting untuk menulis teks normal. Sedangkan pada halaman edit posting HTML adalah halaman khusus untuk membuat posting jika menggunakan kode HTML/JavaScript selain buat menulis teks normal (tampilan Compose)
  • Link adalah teks url yang diciptakan mesin peramban (web browsing) secara online berasal dari huruf, kata, kalimat pada kolom judul posting yang diterbitkan online internet pada halaman posting blog yang berada search bar web browsing. Contoh: http://www.ronamasa.com/2012/09/istilah-istilah-blog-yang-wajib.html
Ronamasa.Com
  • Gadget/wdiget adalah tools yang dapat diperoleh gratis untuk pasang dan ditempatkan pada halaman media online blog yang kita kelola. Gadget-gadget tersebut dapat dipasang pada sidebar, footer blog. Gadget/widget gratis blogger tersebut antara lain, HTML/JavaScript, entry popular, serach box, arsip blog, dan lain-lain.
  • Gadget HTML/JavaScript adalah gadget yang dapat diperoleh secara gratis untuk menulis teks biasa dan atau kode HTML/JavaScript. Gadget dapat ditempatkan dalam halaman blogger lebih dari satu buah dan dapat diletakan sesuai yang diinginkan. Gadget HTML/JavaScript untuk menulis kode script jejaring sosial seperti kode script Google plus, Twitter, facebook, histats counter dan lain-lain.
  • Add Gagdet adalah tools yang berada pada halaman rancangan/tata letak blog berfungsi sebagai alat untuk menampilkan sejumlah gadget-gadget gratis untuk dipasang dalam blog yang dikelola.
  • Menu yang umumnya banyak dipakai media online blog website yaitu Menu Horizontal, dan menu dropdown. Kedua bentuk menu biasanya ditempatkan bagian header blog/website yang difungsikan untuk membuat dan menampilkan teks link-teks link baik link media itu sendiri maupun media online lainnya.
  • Footer adalah widget yang berada di bawah halaman posting termasuk Posting Lebih Baru, Beranda maupun Posting Baru dan temasuk yang berada paling bawah seperti attribution blogger.
  • Tag adalah kode teks baku digunakan untuk membuat kalimat atau teks yang berlaku di dunia online terdiri dari tag pembuka dan tag penutup. Kedua tag ini saling bergantung dan tidak boleh terpsiahkan. Jika salah satu dilupakan maka kata atau kode yang ada dalam ruangnya tidak dapat berfungsi sama sekali.
Contoh tag:
  • Tag pembuka <div style="text-align: justify;"> ruang untuk menulis/membuat teks lalu diikuti kode tag penutup (</div>)
  • Tag pembuka <span style="text-align: justify;"> ruang untuk menulis/membuat teks lalu diikuti kode tag penutup (</span>)
  • Tag pembuka <script type: text/javascript;"> ruang untuk menulis kode script </script>, dan lain-lain
Jika sudah menguasai tools-tools seperti yang disharing di atas blogger sudah tidak mengalami masalah jika ingin menata tampilan blog yang dikelolanya.

Selamat menata tampilan blog.

Artikel lainnya

Cara Edit Template Blog Tampilan Antarmuka Blogger Baru
Cara Sign Out Dari Akun Blogger Langsung Menuju Form Sign In Akun Email Blogger
Dua Manfaat utama Memiliki dan Mengelola Media Online Blog
Cara Hapus Blog Blogspot Yang Dikelola
Cara Edit Data Akun Profil Google Plus One (+1) Blogger
Ronamasa