Cara Membuat Scroll Box atau Kotak Skrol Gadget Entri Populer Blog

10/19/2012
Scroll adalah cara melihat konten yang tidak muncul seluruhnya dalam ruang kotak yang tersedia dan untuk memunculkan konten lainnya harus menggunakan pointer mouse. Dan Entri popular adalah judul posting blog yang paling banyak atau paling sering dikunjungi dan dilihat pengunjung online internet dalam kurun waktu tertentu.

Sementara gadget entri popular adalah gadget hasil design master blogger tidak hanya berfungsi yang dapat menampilkan baik hanya judul posting berserta paragraf pertama redaksi artikel populer saja. Akan tetapi juga judul posting, paragraf pertama berserta gambar yang paling banyak dikunjungi pengunjung online internet dari media blog pemasangnya dalam kurun waktu tertentu (top ten entri populer).

Gadget entri populer blog dapat diperoleh langsung dalam media online internet blog yang kita kelola.

Entri Populer Media Online Internet Blog
Gambar: Entri populer
media online internet Blog
Konten yang tampil pada gadget entri populer akan terus update sesuai trend artikel diakses pengunjung online internet media online pemasang gadget entri populer bersangkutan

Namun yang dibahas di sini adalah merubah tampilan default dari gagdet entri populer media online internet blog menjadi berbentuk Scroll box atau kotak skroll (konten gadget entri populer dikendalikan menggunakan pointer mouse).

Cara pengaturan yang dapat dilakukan untuk membuat gadget entri populer sehingga berbentuk scroll box adalah menempatkan kode langsung dalam template blog yang kita kelola.

Langkah-langkah menempatkan kode pembentuk gadget entri populer akan dijelaskan berikut ini. Akan tetapi sebelum memasang kode dalam template blog langkah pertama yang sebaiknya dilakukan adalah memasukan gadget entri populer pada media yang dikelola. Langkah ini dilakukan terlebih dahulu untuk memudahkan mengatur baik tinggi maupun lebar seperti yang diharapkan.

Cara mendapatkan gadget entri popular blog dapat dilakukan dengan langkah-langkah sebagai berikut yaitu:
  1. Sign in di blog
  2. Klick Tata letak
  3. Klick Add Gadget/tambah gadget
  4. Pilih Entri Populer
  5. Atur tampilan seperti yang diinginkan gadget yang muncul. Cara pengaturannya yaitu centang/tandai kotak kecil berada di samping kiri teks yang terdapat pada masing-masing teks
  6. Klick Simpan.
Gadget Entri Populer Blogger
Gambar: Gadget entri
populer Blog
Dengan melakukan step yang dijelaskan di atas maka gadget entri popular sudah masuk pada halaman posting blog sesuai lokasi add gadget/tambah gadget yang dipergunakan saat mengambil gadget. Gadget Entri dapat ditempatkan pada posisi yang diinginkan pengelola media online blog baik pada sidebar maupun footer blog. Cara memindahkannya hanya yaitu klick kiri pad gadget entri popular lalu seret pada lokasi yang ingin ditempatkannya

Jika Blogger ingin melihat lebih detail langkah seperti penjelasan di atas dapat mengikuti artikel ini

Sekarang memasuki tahap membuat gadget entri popular berbentuk Scroll bos (kotak skrol). Gadget entri popular akan dapat berbentuk kotak skroll jika konten (judul dan paragraf pertama dari posting) lebih banyak/besar dari ukuran kotak yang dibuat.

Cara menempatkan kode untuk membuat gadget entri popular berbentuk skrol dalam blog dapat dilakukan dengan langka-angkah sebagai berikut, yaitu:
  1. Klick Template
  2. Klick Edit HTML
  3. Klick Lanjutkan
  4. Cari kode ]]</b:skin>. Cara cepat menemukannya gunakan CTRL F sehingga akan muncul form pencarian pada kiri bawah layar komputer. Tulis/masukan kode ]]></b:skin>. Kode yang ditemukan akan langsung muncul dengan warna latar hijau
  5. Tempatkan kode di bawah ini pas di atas kode ]]></b:skin>
  6. Klick Simpan Template
  7. Klick Tutup untuk kembali ke halaman tata letak blogger.
Keterangan
Angka height untuk mengatur ukuran tinggi kotak
Angka width untuk menentukan ukuran lebar kotak

Setelah melakukan yang dijelaskan di atas dan jika menempatkan kode pada template blog dengan benar dan tepat maka gadget entri populer yang ditambahkan akan secara otomatis berbentuk kotak skrol (Scroll box).

Artikel lainnya:

Cara Edit Template Blog Tampilan Antarmuka Blogger Baru
Cara Edit Data Akun Profil Google Plus One (+1) Blogger
Cara Mengetahui Siapakah Sebenarnya Follower Blog Yang Kita Kelola ?
Cara Membuat Tool Tambah Gadget Dibawah Halaman Posting Blog
Cara Memasang Gambar Logo Blog Pada Header Blog
Cara Memasang Gambar Logo Favicon Blog
Ronamasa