Cara Melindungi Sheet Microsoft Excel Agar Tidak Bisa Dihapus Pengguna Lain

10/18/2012
Sheet dalam excel adalah lembar kerja yang terdiri dari kolom dan baris untuk membuat dan mengelola dokumen baik berupa huruf maupun angka oleh pengelola data selaku operator komputer. Umumnya banyak sheet dalam file excel terdiri dari tiga sheet yaitu Sheet1, Sheet2 dan Sheet3. Ketiga sheet yang tersedia ini tidak saling bergantungan.

Walaupun tampilan defaultnya sebanyak tiga sheet namun pengelola data excel masih sangat memungkinkan menambah atau mengurangi sheet sesuai kebutuhan pengolahan data. Model dan fungsinya Sheet dalam workbook baru ditambahkan sama seperti model sheet yang tersedia default pada saat mengaktifkan file excel.

Hasil dari Protek sheet yang dilakukan ini hanya berlaku dalam satu file excel yang ditetapkan itu saja. Sementara baris dan kolom yang terdapat dalam masing-masing sheet tetap dapat dikelola penggunanya seperti biasa.

Protcet Sheet Workbook excel
Sheet dalam lembar kerja microsoft office Excel

Cara memprotect sheet yang sudah dibuat dan ditetapkan pengelola sehingga sheet tersedia tidak dapat ditambah atau dikurangi/dihapus oleh pengelola lainnya dengan langkah berikut ini, yaitu:
  1. Buka File Office Excel yang ingin diprotek
  2. Klick Kiri pada tab Protect Workbook
  3. Klick kiri tab Review
  4. Review Protect sheet Excel
  5. Tulis password kolom yang terdapat pada form yang muncul
  6. Klick Ok
  7. Struktur Password Protect sheet
  8. Tulis kembali password pada kolom yang tersedia sesuai password sebelumnya
  9. Klick Ok
  10. Konfirmasi Struktur Password Protect sheet

Setelah melakukan step ke tujuh sejak itu pula sheet yang ada dalam lembar kerja ini sudah tidak dapat dirubah (ditambah atau kurangi lagi)

Artikel lainnya:

Cara Menambah atau Menghapus Sheet Microsoft Excel
Cara Membuat Alert Teks - Excel
Cara Protect Sheet Excel Bagian 1
Cara Menampilkan Dua File Excel Secara Bersamaan
Ronamasa