Awas .... ! Kode Menyusup Merubah Tampilan Blog Anda Dengan Tiba-tiba

11/03/2012
Seakan tak percaya apa yang terjadi pada tampilan blog yang dikelola berubah secara tiba-tiba tanpa ada pesan notifikasi apapun pada saat mengelolanya. Melihat kenyataan ini membuat saya bingung dan bertanya-tanya dalam hati. Lho... koq tampilan blog saya berubah ?. Aneh .............

Tampilan Blog
Tampilan Ronamasa.Com yang seharusnya 
(Kamis, 1/11/2012)
Kejadian ini pada Kamis, 1 November 2012 sekitar pukul 21.30 WIB. Ketika itu saat melakukan edit kode dalam template Blog karena ada yang mau benahi.

Kode template blog yang biasanya mudah ditemukan dengan menggunakan CTRL F tidak bisa ditemukan sama sekali. Beberapa kali mencoba melakukan untuk menemukan kode tersebut tapi tetap tidak bisa.

Tampilan Blog Berubah Otomatis
Tampilan Ronamasa.Com yang berubah secara tiba-tiba
(Kamis, 1/11/2012)
Justru yang saya temukan dalam kode template blog terlihat janggal dan aneh karena sebelumnya tidak ada.

Jika blogger mengalami perubahan mendadak tampilan blognya coba telusuri kode dibawah ini lalu hilangkan.

Kode yang ditemukan disekitar lokasi tempat mencari kode yang saya maksud adalah       <!-- Then use the post body as the schema.org description,
          for good G+/FB snippeting. -->
Heran, kenapa kode ini ada. Dan alih-alih saya coba tampilkan halaman posting blog (Ronamasa.Com) ternyata tampilan blog berubah.

Aneh...... tampilan blog saya berubah. Wah...., sepertinya ada sesuatu yang tidak beres, pikir saya. Apa yang telah saya lakukan terhadap kode template blog saya?. Apakah ini salah satu keahlian Hacker menyusup langsung masuk dalam kode template Blog ?. Untungnya sebelum masuk pada halaman edit template blog, template blog sudah di back up terlebih dahulu.

Jika memang terjadinya perubahan tampilan blog secara mendadak ini sengaja dilakukan oleh Oknum tertentu ini adalah prilaku yang seharusnya tidak perlu dilakukan. Pola pikir dan prilaku semacam ini sangat disayangkan karena terlalu memaksakan kehendak dan dapat dikatakan sebagai bentuk membatasi hak kreasi seseorang.

Untuk mengatasi masalah seperti yang terjadi di atas yaitu setiap masuk atau akan melakukan edit kode template Blog agar Backup terlebih dahulu kode template blognya. Hal ini untuk mengantisipasi hal-hal yang dapat berakibat fatal.

Artikel lainnya

Akhirnya Tampilan Antarmuka Blogger Baru Berlaku Default Namun Rawan Muncul Pesan Error
Cara Membatasi Jumlah Komentar Visitor Blog Pada Halaman Posting Tertentu
Cara Membuat Tabel Dalam Halaman Posting Blog Bagian 2
Cara Menempatkan Trio Gadget Blog Dibawah Header Blog
Cara Memasang Gambar Logo Blog Pada Header Blog
Cara Memasang Gambar Logo Favicon Blog
Sedikitnya 12 Perbedaan Tampilan Antarmuka Blogger Baru Dengan Antarmuka Lama
Ronamasa