Sedikitnya 12 Perbedaan Tampilan Antarmuka Blogger Baru Dengan Antarmuka Blogger Lama

11/03/2012
Secara umum tampilan antarmuka blogger lama (old blogger interface) lebih efektif bekerja dan efisien waktu dibanding antarmuka blogger baru. Kurang efektif dan efisien tampilan antarmuka blogger baru ini dipicu selalu munculnya pesan error. Trio pesan kesalahan muncul khususnya ketika blogger sedang berada dalam halaman edit posting blog.

Blogger
Sementara perbedaan antara kedua tampilan ini dapat membaca tabel di bawah ini. Akan tetapi perbedaan di antara keduanya ini hanya dapat dialami blogger yang sudah mendaftar, memiliki dan mengelola media online internet blog sebelum tahun 2012 dan saat ini masih mengelola blog.

Tampilan antarmuka blogger baru (new blogger interface) mulai berlaku sebagai tampilan default Blogger blogspot menjelang akhir September 2012.

Blogger pertama kali diluncurkan Pyra Labs yang didirikan Eva Williams pada 23 Agustus 1999. Pyra Labs kemudian dibeli salah satu perusahaan terkemuka yang bergerak pada peramban web, Google Inc pada Oktober 2004 yang dikenal dengan Picasa Web.

Kelebihan dan kekurangan Tampilan Antarmuka Blogger Baru dengan Antarmuka Blogger Lama
No Antarmuka Blogger Baru Antarmuka Blogger Lama
1 Halaman dasbor terlihat lebih besar Halaman dasbor terlihat sempit
2 Halaman edit posting tampil permanen sesuai ukuran besar layar komputer. Halaman edit posting berbentuk floating. Skroll hanya dilakukan pada halaman edit posting saja Baik pada halaman edit posting maupun halaman diluar halaman posting jika ingin melihat tampilan yang tidak terlihat diskroll menggunakan mouse.
3 Tools yang dapat dimanfaatkan blogger untuk mengelola posting artikel berada dibagian atas halaman edit artikel blog (publikasikan, Simpan, pratinjau, tutup).

Url link judul posting blog dapat dibuat atau ditentukan blogger sendiri walau artikel belum dipublikasikan secara online internet. Url link yang dibuat/ditentukan blogger inilah yang akan muncul pada kolom/kotak pencarian peramban web (search bar web browsing).
Tool yang berfungsi untuk mengelola artikel blog berada dibawah halaman edit posting (publikasikan, simpan, Simpan sebagai draft) dan tidak tersedia tab tutup.

Url link judul posting tidak dapat ditentukan terlebih dahulu oleh blogger sendiri. Url link judul posting baru diketahui setelah posting dipublikasikan/diterbitkan secara online internet.
4 Pilihan tampilan yang berlaku pada halaman edit posting (label, jadwal,komentar, dan lain-lain) terletak pada bagian kiri halaman edit posting. Pilihan-pilihan ini sama seperti ini fungsi pada tampilan antarmuka blogger lama. Namun pada halaman edit posting blogger baru ada penambahan tool baru yaitu Tautan permanen. Pilihan tampilan yang berlaku pada halaman posting (label, jadwal, komentar, dan lain-lain) terletak pada bagian bawah halaman edit posting. Pilihan-pilihan ini adalah untuk menentukan pilihan tampilan pada halaman posting yang dapat diberlakukan berbeda pada masing-masing halaman posting
5 Sangat menyita waktu blogger khususnya pada halaman edit posting karena sering terjadi error. Kejadian ini kadang dapat mengganggu konsentrasi penulis. Selain sering ketika membuat judul posting baru kadang terjadi terbuat judul posting lebih dari satu secara otomatis. Adanya judul posting baru lebih dari satu buah baru diketehui setelah keluar dan berada pada halaman judul-judul posting blog Efisiensi waktu khususnya pada saat membuat/edit posting baru hingga arikel dipublikasi/diterbitkan secara online internet sangat terjaga karena jarang sekali muncul pesan error seperti pada tampilan new blogger interface.  Selain itu, ketika Blogger akan membuat judul posting artikel baru tidak terjadi sama sekali adanya terbuat judul posting otomatis.
6 Pada halaman membuat/edit posting blog rentan sekali muncul pesan error "Terjadi kesalahan saat mencoba menyimpan atau memublikasikan pos Anda. Coba lagi. Abaikan peringatan". Pada halaman edit posting jarang sekali bahkan tidak pernah muncul pesan error. Dengan demikian boleh dikatakan antarmuka blogger lama bekerja lebih efektif dibanding antarmuka blogger baru
7 Ketika ingin melihat hasil sementara bahasan yang dibuat menggunakan tab Pratinjau posting sangat sering terjadi error "Pratinjau anda gagal dimuat. Tutup Jendela ini dan Coba lagi". Ketika ingin melihat sementara hasil posting yang dibuat dengan memanfaatkan tool pratinjau blog jarang bahkan tidak pernah muncul pesan notifikasi error
8 Tidak tersedia ruang dan tempat yang memungkinkan tampilnya iklan khususnya ketika blogger mempublikasi/menerbitkan entry posting pada halaman edit posting. Jika keluar dari halaman edit posting bloggger langsung diantarkan pada halaman judul-judul posting.  Pada halaman menerbitkan/mempublikasi posting (posting anda telah diterbitkan) terdapat ruang yang memungkinkan muncul ikan. Sementara jika blogger keluar dari halaman edit posting tidak langsung diantarkan pada halaman judul-judul posting blog
9 Ketika blogger berada pada halaman edit posting dan ingin ke luar dari halaman edit posting selalu diikuti pesan notifikasi Erroer yang dapat megurangi effisiensi waktu blogger. (poin 6)
Ketika blogger berada pada halaman edit posting dan ingin menuju halaman judul posting-judul posting jarang bahkan tidak ada sama sekali muncul pesan eror.
10 Untuk menuju halaman Edit template blog langsung memilih dan klick tab template blog yang tersedia pada halaman Dasbor blog Untuk menuju halaman edit template blog harus melalui terlebih dahulu tab rancangan pada halaman Dasbor blog
11 Sebelum masuk menuju halaman edit kode template Blog (menambah atau mengurangi kode template blog) dapat melihat tampilan blog yang dikelola seperti pada halaman posting asli. Selain itu untuk bisa masuk melihat dan edit kode template blog harus melewati tab Lanjutkan Ketika ingin masuk pada halaman edit kode template blog tidak tersedia tampilan blog seperti pada halaman posting asli dan langsung di antarkan pada halaman template blog. Selain itu juga tidak tersedia tab Lanjutkan
12 Halaman edit template dan halaman edit posting tampil floating Halaman edit template dan halaman edit posting blog tampil skroll

Artikel lainnya:

Cara Mengetahui Siapakah Sebenarnya Follower Blog Yang Kita Kelola ?
Cara Membuat Tool Tambah Gadget Dibawah Halaman Posting Blog
Cara Memasang Gambar Logo Blog Pada Header Blog
Cara Memasang Gambar Logo Favicon Blog
Ronamasa