STISIP Kampus Orange Mbojo Bima Kabupaten Bima

11/03/2012
STISIP (Sekolah Tinggi Ilmu Sosial dan Ilmu Politik) Mbojo Bima didirikan 15 Juli 1981 dipimpin oleh Rektor, H. Oemarharun. Kampus yang saat ini berlamat Jl. Piere Tendean, Mande II, Kota Bima, NTB mengangkat H. Oemarharun melalui SK Yayasan Pembina Pendidikan Mbojo (YPPM) Nomor: 055/1981 tanggal 15 Juli 1981.

STISIP Mbojo Bima
Oemarharoen yang merupakan salah seorang pendiri STISIP Mbojo Bima ini ketika itu sedang menjabat Bupati Bima. STISIP Mbojo Bima mendapat ijin Penyelenggaraan Program Studi dengan Surat Keputusan Dikti Depdiknas Nomor: 4422/D/T/2004, Tanggal 26 April 2001.

Sementara yang menjadi Ketua STISIP, Drs. Jamaluddin Adam yang diangkat dan ditetapkan berdasarkan SK Yayasan Nomor 14/KPTS/YPPM/1986 tanggal 21 Februari 1986.

STISIP Mbojo Bima-Kampus Orange
Ketua Yayasan STISIP Mbojo, Drs. H. Muhtar, M.Si
sedang menyerahkan ijazah kepada salah seorang 

wisudawati angkatan XXII bertempat di 
Aula STISIP Mbojo Bima Desember 2010.
(Foto: Ronamasa)
STISIP Mbojo Bima mendapatkan ijin operasional sebagai penyelenggara pendidikan Perguruan Tinggi Swasta pada 17 Februari 1986 dengan SK 1327/Kop/VIII/B.02/1986. STISIP Mbojo Bima yang tergabung dalam Wilayah Kopertis VIII terletak Jl. Piere Tendean, Mande II, Kota Bima, NTB yang bersebelahan dengan Perguruan Tinggi Swasta Bima lainnya, Sekolah Tinggi Keguruan dan Ilmu Pendidikan (STKIP) Bima.

Pada tahun 1985, Yayasan Pembina Universitas Mbojo dirubah menjadi Yayasan Pembina Pendidikan Mbojo (YPPM) sekaligus mengangkat H. Ibrahim Ahmad sebagai Ketua. Pengangkatan H. Ibrahim Ahmad ditetapkan dengan akta notaris Nomor 60 tanggal 3 Juli 1985.

Kampus almamater Orange saat ini diketuai wanita asal Makasar, Ujung Pandang yang sudah menetap di Bima bertahun-tahun sebelumnya. Dra. Nurmi, M.Si terpilih menjadi Ketua STISIP Mbojo Bima tahun 2010 dengan SK Ketua YPPM No:01/YPPM/SK/2010. Alumni UNHAS Ujung Pandang, Makasar, Sulawesi Selatan ini mengganti Ketua STISIP periode sebelmunya, Drs. Gufran, M.Si yang juga merupakan Alumni UNHAS pula. Drs Gufran menjabat sebagai Ketua STISIP Mbojo Bima sejak tahun 2001 hingga 2010.

Kepedulian YPPM sebagai upaya peningkatan kemampuan sumberdaya manusia khususnya di wilayah Dana Mbojo, STISIP Mbojo Bima sejak tahun Akdemik 2009 membuka jurusan baru yaitu jurusan Komunikasi. Sebelumnya STISIP Mbojo Bima yang sudah terakreditasi B hanya menyelenggarakan pendidikan satu juruasan saja yaitu Jurusan Ilmu Administrasi program studi ilmu Administrasi Negara.

Referensi: Memory Wisuda STISIP Mbojo Bima, 2010

Artikel lainnya

Silsilah Kesultanan Bima
Nama-Nama Desa dan Kecamatan di Kabupaten Bima, NTB
Sejarah Pemerintahan Kabupaten Bima, NTB Sejak Masa Orde Baru
Ferry Zulkarnain Bupati Bima Pertama Pilihan Rakyat Bima
Ronamasa