Awas ...... ! Pesan FaceBook Aneh Menggoda Melalui Kotak Email

11/13/2012
Lagi-lagi oknum pengguna Facebook penebar pesona menggoda pengguna lain dengan metode baru. Saya mendapatkan pesan yang seperti ini kali ini merupakan kali kedua. Nah...jika menemukan pesan seperti ini hati-hati dibalik form yang muncul. Jangan tergoda karena dikhawatirkan mereka ingin mengirim amunisi virus menyebar dalam komputer penggunanya.

Pesan Facebook Aneh
Gambar: Pesan Facebook melalui kotak masuk email Sabtu, 10/11/2012
Kejadian ini awalnya ketika saya masuk akun email pada data akun karena ada sesuatu yang ingin diedit. Namun pada halaman data akun saya mendapatkan kejadian yang sangat sekali dari biasanya. Anehnya saya tidak diperbolehkan mengganti salah satu data akun saya.

Saya merasa ragu pesan ini benar-benar datang database Yahoo. Saya mencoba edit data akun beberapa kali namun selalu tidak bisa pada saat menyimpan perubahan data. Pesan tersebut pada intinya jika ingin merubah data akun harus ada akun email lain untuk menghapus akun email ini.  Kenapa pesan seperti ini muncul padahal saya tidak bermaksud menghapus akun email.

Karena merasa ada kejanggalan dan ingin berniat melaporkan kejadian aneh yang saya dapatkan pada Yahoo, saat itu muncul ide baru. Dengan settingan inilah saya baru bisa mengedit data akun yang sebelumnya tidak boleh dirubah.

Setelah berhasil update data akun tresebut tiba-tiba muncul pesan pada kotak masuk email seperti pada gambar di atas. Form muncul pada kanan bawah layar komputer dari dua pemilik akun yang tertera pada form tersebut. Kedua akun itu mengaku pengguna angelicagermain.... dan disebelahnya Gloriacandaelesz80. Kejadian ini saya alami pada Sabtu, 10 November 2012 sekitar pukul 15.56 WIB yang masih merupakan suasana hari bersejarah Bangsa Indonesia, Hari Pahlawan.

Karena merasa tidak suka  dan jijik mendapatkan pesan itu langsung ke luar dari akun email. Beberapa menit kemudian masuk akun blogger untuk menulis artikel sharing pengalaman seperti yang pengunjung baca saat ini.

Pesan Aneh Facebook - Notifikasi
Gambar: Pesan Facebook pada kotak masuk email (20/10/2012)
Pada saat ini juga Ronamasa.Com mendapat tamu baru. Seorang komentar visitor blog yang mengatakan "thanks tutorialnya" pada halaman posting Cara menampilkan Hanya Satu Halaman Pada Tampilan Utama Blog.

Sebelumnya tanggal 20 Oktober 2012 Facebook juga pernah mengirim pesan yang saya rasakan aneh pada kotak masuk email saya. Dalam form pesan itu langsung tertulis url laman Facebook yang harus dikunjungi (pesan lihat pada gambar disamping).

Pesan-pesan seperti ini mengingatkan pada artikel diposting salah satu situs AntiVirus terkemuka di dunia online internet. Posting tersebut kemudian saya republish pada Ronamasa.Com setelah diterjemahkan dalam bahasa Indonesia dengan bahasa Inggris saya yang pas-pasan.

Artikel lainnya

Facebook Scam
Mark Zuckerberg, Pendiri Facebook Menikah
Facebook Bot Menyebar Melalui Chat Messengers
Penyedia Domain Internet Terbesar GoDaddy.Com Diserang Hacker
Heidi Klum Nama Selebritis Paling Berbahaya di Dunia Maya
Cara Melaporkan Blog Spam Pada Google
Ronamasa