Cara Membuat Primary Key Aplikasi Database Microsoft Office Access

11/13/2012
Membuat aplikasi database dalam microsoft office access ada beberapa tipe file yang harus dikenal dan dipelajari antara lain Tabel input data, tabel primary key, tabel Query, Form dan Report. Semua tipe file ini dapat dibuat dalam satu file access. Tabel, form dan report dapat menjadi satu kesatuan tak terpisahkan dan akan saling bergantungan menghasilkan data database menggunakan tabel Primary Key.

Tabel Primary Key adalah tabel yang dirancang untuk membuat teks kunci penghubung antara beberapa data tabel database yang akan ditampilkan dalam satu tabel Query database.

Teks Primary key dibuat dan ditetapkan pada saat mendesign tabel database. Pada saat menetapkan kata primary key diperlu kehatian-hatian ekstra karena akan sulit dan bahkan tidak bisa dirubah belakangan.

Tabel primary key, Tabel input database
Gambar: Tabel primary key, Tabel input database

Sebelum masuk pada detail langkah kita tetapkan terlebih dahulu teks primary Key. Sebagai contoh, teks yang akan dijadikan primary key bahasan ini adalah KodeJK. Teks KodeJK tidak hanya dibuat dalam tabel primary key saja akan tetapi juga dibuat pada tabel input data database.

Cara membuat teks Primary Key Tabel database dapat dilakukan sebagai berikut:
  1. Buka File access
  2. Klick Kanan pada nama tabel 1 lalu klick kiri pada Design View atau klick Create pada Menu lalu klick Kiri pada tab Design View
  3. Tulis name file pada form yang muncul sebagai nama file yang muncul pada navigasi file database yang berada disebelah kanan tabel
  4. Klick OK. Setelah melakukan langkah ini akan langsung diantarkan pada halaman design tabel Primary Key
  5. Tulis teks yang dijadikan Primary pada kolom Field Name. Sebelum menetapkan Data Type (tipe data) primary Key sebaiknya tetapkan terlebih teks tersebut sebagai Primary Key pada kolom Field Name. Setelah itu baru pilih tipe data (number (angka), text (huruf) yang berlaku pada teks primary key (KodeJK)
  6. Tabel design tabel database
  7. Tulis Teks yang akan muncul pada kolom disamping kanan kolom KodeJK (lihat gambar atas)
  8. Klick Simpan untuk menyimpan perubahan
  9. Klick View untuk melihat hasilnya.
Di atas telah didesign tabel primary key dan selanjutnya membuat tabel input data. Cara membuat tabel input data database dapat dilakukan sebagai berikut:
  1. Klick Create pada Tab Menu
  2. Klick Kanan tabel Design 
  3. Design seperti tabel di bawah ini. Design tabel ini hanya sebatas contoh saja
  4. Tabel Input data database
  5. Klick Save jika sudah menetapkan nama-nama teks kolom.
  6. Tulis nama File tabel pada form yang muncul
  7. Klick Ok.
  8. Klick View untuk melihat hasilnya
Jika sudah diisi data tampilan dari kedua tabel database yang dirancang dari langkah-langkah diuraikan di atas akan terlihat seperti pada gambar paling atas pada halaman posting ini.

Artikel lainnya

Cara Membuat From Aplikasi Database MS Access
Cara Membuat Crosstab Query Database MS Access
Cara Membuat Pop Up Form Aplikasi Database Access Bag - 1
Cara Membuat Pop Up Form Aplikasi Database Access Bag - 2
Ronamasa