Cara Menampilkan Hasil Pencarian Kotak Search Engine Pada Halaman Posting Blog

5/30/2013
Search engine merupakan sebuah tool website-blog yang dapat dipasang pada media online blog kita kelola untuk dipergunakan oleh visitor baik mencari data dan infromasi media pemasangnya maupun media lainnya. Tampilan hasil pencarian tools search engine/search box hampir sama seperti tampilan pada halaman menggunakan peramban web (web browser) seperti Google com atau Yahoo

Tips disharing pada posting ini menempatkan hasil pencarian dari search engine yang dipasang sidebar blog dengan memanfaatkan gadget HTML/JavaScript. Jika menggunakan trik dibahas pada posting ini walaupun tool yang dikenal dengan tampilan search engin GoogleTM Custom Search ditempatkan pada sidebar blog akan tetapi hasil pencarian hasil pencariannya akan dilandingkan/ditempatkan pada halaman posting blog.

Dan tools search engine/search box (kotak pencarian) yang dibuat menggunakan metode ini akan terlihat seperti pada gambar 1 di bawah ini. Sementara gambar 2 merupakan jika ingin melihat tampilan live-nya dapat mencoba menggunakan tool pada sidebar Ronamasa.Com.

Search box Blog-Website
Gambar 1: Search box-kotak pencarian
Hasil Pencarian Search Box Blog-Website
Gambar 2: Tampilan hasil search engine blog








Cara menampilkan hasil pencarian search engine box yang dipasang pada sidebar blog pada halaman posting blog dapat dilakukan sebagai berikut:
  1. Klick Template
  2. Klick Edit HTML
  3. Cari kode <body ...
  4. Tempatkan kode dibawah ini di antara <body dan </body>
  5. Klick Simpan Template untuk menyimpan perubahan
  6. Klick Kembali untuk keluar dari halaman template blog
Ini kode untuk ditempatkan dalam template blog diantara <body ... dan </body>


Di atas telah dijelaskan step menempatkan satu dari kode yang dibutuhkan untuk memasang tools Search Engine. Dan langkah selanjutkan mendapatkan kode untuk dipasang pada gadget HTML/JavaScript untuk ditempatkan pada sidebar blog anda dapat membaca artikel ini.

Tools ini selain dapat dibuat sendiri dengan memanfaatkan search engine dari akun webmaster blog yang kita kelola juga bisa diperoleh langsung dari gadget-gadget dalam tools add gadget blogger yaitu Searchbox/Kotak pencarian.

Artikel lainnya

Cara Membuat Tool Tambah Gadget Dibawah Halaman Posting Blog
Cara Membuat Form Search Engine-Kotak Pencarian Blog Sendiri
Cara Mengatur Tata Letak Halaman Hasil Pencarian Menggunakan Search Engine Blog
Cara Mendapatkan Akun Google AdSense-Iklan AdSense
Cara Membuat Menu Dropdown-Menu Menjorok ke Bawah Pada Header Blog
Ronamasa