Cara Membuat Akun Google Analytics Website Blog

6/04/2013
Gambaran rekam jejak media online internet selain dapat dilihat langsung melalui tools Statistik yang terdapat pada blog dikelola juga dapat mendeteksi menggunakan Google Analytics. Website Google Analytics merupakan sebuah website menyediakan jasa layanan rekam jejak (tracking) media online internet pemasanganya. Bagi pengguna Google Analytics yang bisa diperoleh free/gratis ini akan mendapatkan nomor ID.

Bila dibanding dengan statistik yang tersedia default bagi Blogger pengguna template blogspot.com Google Analytics lebih lengkap.

Grafik Google Analytics
Gambar: Tampilan Grafik media pemasang Google Analytics

Manfaat yang diperoleh memasang tools Google Analytics diantaranya pengelola akan mendapatkan gambaran perkembangan media dikelola. Tools Google Analytics tidak hnaya dapat merekam jejak pengunjung baru akan tetapi juga visitor yang pernah akses media sebelumnya dan mengakses kembali.

Cara membuat Akun (account) Google Analytics untuk dipasang dalam Blog dapat dilakukan sebagai berikut:
  1. Sign in pada akun blogger
  2. Klick Link Google Analytics ini
  3. Klick tab Create an Account yang berada dipaling kanan. Setelah melakukan langkah ini akan muncul form sign in Google Analitycs
  4. Masukan password sesuai kata kunci akun blogger.
  5. Tuliskan nama Website Blog anda pada Setting Up your web property:
    • Website Name adalah untuk menulis nama tampilan media blog
    • Website url yaitu untuk nama url beranda blog anda
    • Setting Google Analytics
  6. Pada kolom teks Setting up your account tulis nama tampilan sesuai diinginkan
  7. Klick Tab Get Tracking Id yang berada pada bagian bawah form untuk mendapatkan nomor ID Google Analaytics. Setelah melakukan langkah ini akan muncul form persyaratan untuk menjadi anggota. Baca terlebih dahulu aturan yang tertulis dengan seksama. Jika bersedia mematuhi aturan klick Accept. Dan jika ingin membatalkan atau tidak bersedia klick I Do Not Accept.
  8. Setelah itu akan muncul kode dalam form yang berada teks This is Your Tracking code. Copy and paste it into teh code of every page you want to track.
  9. Copy kemudian paste kode yang tersedia dalam template blog sebelum tag penutup kode </head>
Google Analytlic yang terpasang pada media website dapat dipergunakan sebagai tool untuk memverifikasi media kita kelola. Tools yang dapat dipergumakan verifikasi website blog yaitu, Meta tag, HTML File, Domain provider (penyedia domain) dan Google Analytics.

Artikel lainnya

Cara Mendapatkan Akun Google AdSense-Iklan AdSense
Cara Membuat Dua Gadget / Widget Dibawah Halaman Posting Blog
Cara Menampilkan Hasil Pencarian Kotak Search Engine Pada Halaman Posting Blog
Cara Membuat Sendiri Channel Video YouTube
Ronamasa