Inilah Penyedia Layanan Internet Sadap Pengguna Internet dan Telepon

7/14/2013
Edward J Snowden mantan pegawai kontrak NSA saat ini sedang berada di zona transit bandara international Sheremetyove Moskow setelah terbang dari Hongkong pada 23 Juni. Pria yang awalnya masuk pada perusahaan NSA menjadi tenaga Security ini membongkar data spionase Amerika Serikat terhadap pengguna Internet dan Telepon melalui Program PRISM.

Edward Snowden bertemu HAM Wikileaks
Snowden bersama Perwakilan HAM Wikileaks,
Sarah Horrison (kiri) di airport Sheremetyevo, 12 juli 2013
(Foto: Reuters/Human Rights/Handout)
Edward J Snowden Snowden pertama kali memberikan alur kerja program Prism NSA kepada dua masa berpengaruh di dunia media masa Amerika Serikat The Washington Post dan media masa Inggris, The Guardian yang dikupas seorang kolumnis the Guardian untuk Amerika Serikat, Glenn Greenwald.

Program Prism NSA USA
Penyedia layanan Internet yang terlibat pada Program PRISM-NSA

Spionase terhadap pengguna intenet dan telepon melibatkan perusahaan penyedia jasa layanan terbesar dan terkemuka online internet, Facebook, Google, Yahoo. Hotmail, Skype, Palktalk, AOL Mail, YouTube dan Apple

Snowden yang mendapatkan penghasilan sebagai pegawai NSA sebesar US $200.000 atau setara 1,99 triliun pertahun mengatakan program Prism NSA Amerika Serikat dapat mendeteksi aktifitas pengguna online internet diantaranya alur masuk keluar email penggunanya serta komunikasi pengguna telepon masyarakat internasional.
Ronamasa