Edward J Snowden Akhirnya Dapat Suaka Dari Rusia

8/05/2013
Mantan pegawai kontrak NSA, Edward J Snowden yang dikejar Amerika Serikat atas tuduhan membocorkan rahasia negara akhirnya mendapatkan dokumen pengungsia dari Rusia. Snowden mendaparkan dokumen pengungsi semacam pasport berlaku sejak 31 Juli 2013 selama satu tahun.

"Selama lebih dari delapan minggu kami memperhatikan pemerintahan Barack Obama tidak menghormati hukum internasional dan dalam negeru tetapi akhirnya hukum menjadi pemenangnya," kata Snowden dalam pernyataan pertamanya kepada publik sejak ia meninggalkan bandar udara Sheremetyevo Moskow.

Dokumen Pengungsi Edward J Snowden
Dokumen jaminan pengungsi Edward J Snowden yang diberikan oleh Rusia selama satu tahun,1 Agustus 2013 (Reuters/Rossiya24/Handout via Reuters).

"Saya mengucapkan terima kasih yang sebesarnya kepada negara Rusia dan Presiden Rusia Vladimir Putin," kata orang tua berkewarnegaraan Amerika mengatakan pada TV negara Rusia. Dia berharap akan mengunjungi Rusia untuk menjengguk putranya dalam waktu dekat.

"Snowden adalah seorang tenga ahli, tenaga ahli tingkat tinggi, dan saya menerima surat dari beberapa perusahaan dan warga negara yang ingin memberikannya pekerjaan. Dia tidak akan mengalami kesulitan," kata pengacara Snowden, Anatoly Kucherena.

Snowden yang didampingi, Sarah Harrison, peneliti resmi Wikileaks, "Kami berterima kasih kepada rakyat Rusia dan semua pihak lainnya yang telah membantu melindungi Mr. Snowden, Kami menang dalam pertempuran-perang sekarang," kata Wikileaks pada Twitternya

"Dia adalah orang yang paling dicari di planet bumi," kata Kucherena kepada Reuters.

Kucherena mengatakan Snowden akan menyewa sebuah apartemen dan mencari kerja di Rusia, dan tidak berencana untuk pergi segera. dilansir Reuters (1/8/2013).

Snowden terdampar di bandara udara Sheremetyevo Moskow yang merupakan zona netral sejak tanggal 23 Juni 2013 setelah tiba dari China.
Ronamasa