Timeline Edward J Snowden NSA Prism Program

8/08/2013
Edward J Snowden mantan pegawai NSA (National Security Agency) menjadi wanted Amerika Serikat atas tuduhan membocorkan rahasia negara. Snowden menjadi perhatian dunia internastional setelah memberikan bocoran kegiatan mata-mata USA terhadap pengguna internet dan penelpon. Pria yang berpenghasilan US$200.000 pertahun memberikan 41 slide powerpoint kepada dunia media masa terkemuka dunia, The washington Post Amerika Serikat dan Inggris The Guardian.

Edward J Snowden yang menjalin hubungan asmara dengan Lindsay Mills sejak tahun 2009 dan keduanya tinggal bersama d Baltimore Hawaii USA dapat diancam hukuman 10 tahun penjara dan denda sekitar US$ 250,000. Bahkan banyak pihak memperkirakan Snowden dapat diancam hukuman mati.

Edward J Snowden
Edward J Snowden (Foto: Reuters)

20 Mei 2013 Snowden kelahiran Wilmington, North Carolina USA 21 Juni 1983 meninggalkan Hawaii menuju Hong Kong. Di negara bekas jajahan Inggris ini Snowden menginap di Mira Hotel dengan tarif US$650 atau sekitar Rp. 7 juta permalam.

6 Juni 2013 Snowden anak dari pasangan Lonnie Snowden dan Elizabet memberikan data aktifitas NSA Amerika Serikar berupa slide kepada media masa The Washington post dan The Gurdian memberitakan kegiatan mata-mata rahasia Amerika Serikat yang melibatkan beberapa penyedia jasa layanan online internet termuka, Yahoo, Google, Facebook, Hotmail, Skype, PalkTalk, YouTube, AolMail

Juni 2013 Amerika Serikat mencabut hak kewarganegaraan Snowden.

10 Juni 2013 Columnist The Guardian, Glenn Greenwlad dan Ewen MacAskill mempublikasikan hasil wawancara dengan Snowden setelah Snowden beberapa hari di Hong Kong. Dalam wawancara tersebut Snowden mengatakan," Saya tidak memberikan informasi apapun kepada pemerintah lain, dan mereka tidak pernah mengambil apapun dari laptop."

24 Juni 2013 Presiden Rusia Vladimir Putin mengatakan tidak akan menyerahkan Snowden kepada Amerika serikat.

27 Juni 2013 Presiden Barack Obama mengatakan kepada Rusia dan negara-negara lainnya agar mempertimbangkan permintaan suaka Snowden harus mengikuti hukum internasional

23 Juni 2013, kekasih Lindsay Mills ini terbang dari bandara Hong Kong dengan tujuan Havana. Berkat inisial nama tengahya J, Snowden yang memulai karir sebagai tenaga security di NSA hingga terdampar di bandara Sheremetyevo Moskow. Pihak Hong Kong menterjamahkan J dengan nama Joseph sementara dalam dokumen Amerika Serikat tertulis J.

1 Juli 2013 Presiden Rusia memberi sinyal Snowden dapat tinggal di Rusia "jika berhenti dari kegiatan yang dapat merusak hubungannya dengan Amerika Serikat"

12 Juli 2013 Snowden anak mantan petugas pantai (cost guard) bertemu dengan Sarah Harrisan seorang aktivist Wikileaks di bandara Sheremetyevo Moskow.

5 Juli 2013 presiden Bolivia, Morales Maduro menjanjikan suaka dan persiden Nikaragua, Daniel Ortega akan memberikan suaka "jika keadaan mengijinkan" kepada kekasih penari balet lulusan Maryland College of Art ini.

6 Juli 2013 Presiden Bolivia Morales akan memberikan suaka jika Snowden meminta

16 Juli 2013 Pengacara Snowden, Anatoly Kucherena mengajukan suaka Edward Snowden kepada Rusia

31 Juli 2013 Rusia memberikan suaka kepada Snowden selama satu tahun sejak tanggal dikeluarkan. Setelah mendapatkan suaka Snowden mendapatkan tawaran pekerja dari situs online internet.

Hari Kamis (30/10/2013) Snowden bertemu langsung dengan anggota Parlemen Partai Hijau Jerman, Hans-Cristian Stroebele yang mengatakan bahwa mantan pegawai kontrak NSA Amerika Serikat siap menjelaskan pada aparat Jerman bagaimana penyadapan dilakukan Badan Keamanan Nasional AS (NSA).

Hans-Christian Stroebele memamerkan selembar surat pada wartawan di Berlin, Jum'at (02/13) yang menurutnya ditulis Snowden.

"Berkata jujur bukan kejahatan," tulis Snowden dalam Surat itu BBC Indonesia 04/11/2013)

Penyadapan telepon Kanselir Jerman dipublikasikan majalah Jerman Des Tagesspiegel. Majalah terbitan Jerman seperti dikutip BBC Indonesia "NSA diduga menyadap telepon genggam yang sering dipakai Markel untuk menelpon pengurus Partai Persatuan Kristen Demokrat, bukan telepon genggam resmi yang dipakai untuk kegiatan menjalankan tugas pemerintah atau kenegaraan, BBC Indonesia, 24/10/2013

Setelah mendapatkan suaka sementara dari Rusia kini sudah mendapatkan pekerjaan sebagai Technical Support di sebuah perusahaan situs web Rusia

Kabar Snowden sudah bekerja diungkapkan pengacaranya Anatoly Kucherena kepada kantor berita RIA Novosti bahwa Snowden memulai pekerjaannya pada Jum'at pekan lalu. Namun ia menolak menyebutkan nama perusahaan web yang merekrutnya." Pokoknya sebuah situs besar," ujarnya lansir Tempo.co 31/10/2013.
Ronamasa