Indonesia Juara Piala AFF U-19

9/23/2013
Garuda Indonesia dibawah pelatih Indra Sjafri akhirnya berhasil memboyong kembali Tropi AFF U 19 yang diperoleh 22 tahun silam. Partai final turnamen sepakbola AFF U 19 yang berlangsung di stadion Delta Sidaorjo hari Minggu (22/9) Indonesia berhasil mengalahkan Vietnam dengan skor 7-6 melalui drama adu penalti.

Hingga wasit mengakhiri pertandingan setelah perpanjang waktu 2 kali menit kedua tim berbagi skor 0-0. Kemenangan Indonesia melalui adu penalti ditentukan Ilham setelah tendangannya berhasil mengecoh penjaga gawang Vietnam, Le Van Troung.

Tim Garuda Muda Indonesia AFF U 19
Ilham penendang penentu kemenangan merayakan kemenangan
setelah berhasil menyarangkan bola dalam jaring gawang Vietnam
(Foto: Antara/M. Risyal Hidayat)

Presiden Susilo Bambang Yudhoyono mengucapkan rasa syukur dan terima kasih serta bangga atas prestasi diraih tim sepakbola Indonesia yang diikuti negara di Asean ini.

"Alhamdullilah, Indonesia menang dalam pertandingan sepak bola Piala AFF U-19. Saya menyaksikan jalannya "Adu Penalti" dari Palembang.*SBY*," kicau SBY pada akunnya @SBYudhoyono.

"Saya bersyukur. Saya bangga. Terima kasih para pahlawan sepakbola U-19. Anda semua telah mengharumkan nama Indonesia.*SBY*," kicau selanjutnya yang sedang berada di Palembang untuk membuka Islamic Solidarity Games yang diikuti 44 negara.

Indonesia melaju ke babak Final sepakbola piala AFF U 19 mengalahkan Timor Leste dengan skor 2-1. Sementara Vietnam mengkandaskan langkah Laos dengan skor 1-0

Sedangkan juara ketiga diperoleh Timur Leste setelah mengalahkan Laos dengan skor 1-0. Turnamen sepakbola AFF U-19 tahun 2013 berlangsung dari Senin 9 September hingga Minggu 22 September 2013.
Ronamasa