Inilah Imam dan Khatib Masjid At-Taqwa Tonggorisa Palibelo Bima

11/16/2013
Imam, Khatib dan Marbot Masjid At-Taqwa Desa Tonggorisa Kecamatan Palibelo Kabupaten Bima hasil renovasi pada tahun 1990 an. Masjid yang berdiri saat ini dibangun selain dari hasil sumbangan swadaya masyarakat Tonggorisa juga hasil sumbangan putra-putri Tonggorisa di daerah rantuan, serta bantuan pemerintah Kabupaten Bima.

Imam, Khatib dan Marbot Masjid At-Taqwa Desa Tonggorisa Kec Palibelo Bima
Imam, Khatib dan Marbot Masjid At-Taqwa Desa Tonggorisa Kecamatan Palibelo Bima (Ronamasa/Ahyar)

H. A. Hamid H. Abidin yang menjadi Imam masjid saat ini menggantikan imam sebelumnya H. Ibrahim H. Yunus. Sementara H. Ibrahim (alm) yang menjadi Imam masjid sebelum naik haji ini menggantikan H. Umar Dali.

H. M. Thayeb Abdollah yang merupakan pensiunan Kepala SD ini selain menjadi Khatib juga menjadi Imam Mushalah Babaussalam yang bertempat di Kampung Inpres Dusun Doro Dungga ujung timur Desa Tonggorisa. Selain itu ia juga pernah menjadi Ketua Umum pembangunan Masjid At-Taqwa Desa Tonggorisa periode 2005-2008.

Khatib Masjid At-Taqwa Desa Tonggorisa lainnya yang menjadi Imam pada salah satu Mushala di Tonggorisa yaitu H. Mansyur HB. Pensiunan Kepala Sekolah yang juga mantan guru menggaji sukses menciptakan Qoria dan Qoriah terbaik asal Tonggorisa pada lomba MTQ tingkat kecamatan ini menjadi Imam Mushala Nurul Khasanah berlokasi di RT. 01/RW02 Dusun Doro Saninu Desa Tonggorisa.

Masjid At-Taqwa Tonggorisa yang berdiri saat ini dibangun pada masa Kepala Desa Tonggorisa M. Djafar H. Anwar jauh lebih besar dan modern dibandingkan masjid sebelumnya.

Untuk memperluas pembangunan masjid At-Taqwa dipergunakan pekarangan rumah warga yang berada disebelah utara masjid. Rumah yang digusur di sebelah selatan gang lalu lintas aktifitas warga sekitarnya yaitu rumah Muhammad Dae Gaya, Aminah Ina Sidik dan Fatimah (Tamu).

Artikel lainnya

Ferry Zulkarnain Bupati Bima Pertama Pilihan Rakyat Bima
Kabupaten Bima Pulau Sumbawa, NTB
Tonggorisa Meraih Juara Umum MTQ Tingkat Kecamatan Palibelo ke 7 Tahun 2012
Nama Kepala Desa dan Kaur Pemerintahan Desa Tonggorisa Kec. Palibelo, Bima
Ronamasa