Inilah Nama Pemain Sepakbola Indonesia Piala Dunia 1938 di Prancis

11/22/2013
Tim sepakbola Indonesia menorehkan sejarah sebagai negara Asia pertama peserta Piala Dunia di Prancis tahun 1938.

"Gaya menggiring bola pemain depan tim Hindia Belanda, sungguh brilian ...," begitu laporan koran Prancis L' Equipe, edisi 6 Juni 1938," tapi pertahanannya amburadul, karena tidak ada penjagaan ketat...."

Tim Sepakbola Indonesia piala Dunia 1938
Pemain Hindia Belanda mengenakan seragam Orange, celana putih dan kaos kaki biru muda

Pertandingan berlangsung di Stadion Reims, Prancis 5 Juni 1938 Tim Hindia Belanda dikalahkan Hungaria dengan skor 6-0 (4-0).

Dalam buku Sejarah piala dunia terbitan London itu, disebutkan bahwa pemain Indonesia yang pada waktu masih menyandang negara Hindia Belanda.

"Kapten timnya adalah seorang dokter, yang menggunakan kacamata," ujar wartawan Teh Times, saat meliput pertandingan itu.

Sejauh ini nyaris tidak ada catatan tertulis seperti apa isi pertandingan yang digelar di Stadion Reims, Prancis 5 Juni 1938, kecualo laporan-laporan yang hanya menyoroti nama-nama pemain- yang terdiri dari suku Jawa, Maluku, Tionghoa, Indo-Belanda, serta pelatihnya yang asal Belanda, Johannes Chrostoffel Van Mastenbroek, ujar wartawan BBC Indonesia Heyder Affan 27 September 2013.

Laporan-laporan media di Indonesia juga semata menyebutkan bahwa keberangkatan tim ini didukung NIVU, Nederlandcshe Indische Voetbal Uni- organisasi sepakbola di bawah naungan pemerintah kolonial Belanda,tetapi tidak "direstui" PSSI.

PSSI yang didirikan 8 tahun sebelumnya (1930), dilaporkan tidak mengirim para pemainnya, FIFA sendiri lebih mengakui NIVU ketimbang PSSI.

Kiper:
Tan "Bing" Mo Heng (HCTNH Malang), Jack Samuel (Hercules Batavia)

Belakang:
Dorst, J. Harting Houdt Braaf Stand (HBS Soerabaja), Frans G Hu Kon (Sparta Bandung), Teilherber (Djocoja Djogjakarta)

Tengah :
G.H.V.L Faulhaber (Djocoja Djogjakarta), Frans Alfred Meeng (SVBB Batavia), Achmad Nawir (HBS Soerabaja), Anwar Sutan (VIOS Batavia), G. Van den Burg (SVV Semarang)

Depan:
Tan Hong Djien (Tiong Hoa Soreabaja), Tan See Han (HBS Soerabaja), Isaac "Tjaak" Pattiwael (VV Jong Ambon Tjimahi), Suvarte Soedarmadji (HBS Soerabaja), MJ. Hans Taihuttu Voetbal Vereniging (VV Jong Ambon Tjimahi), R. Telwe (HBS Soerbaja), Herman Zomoers (Hercules Batavia).

Pelatih: Johannes Mastenbroek (Belanda).BBC Indonesia
Ronamasa