Foto: Lahan Persawahan Tonggorisa Dulu dan Sekarang

1/28/2014
Sejak dibuka jalan ekonomi baru di Sori Sarae sebagai sarana irigasi beberapa kawasan pertanian akan mempermudah akses pengangkutan hasil pertanian pada kawasan tersebut. Jalan sepanjang 1,5 km dengan lebar bahu sekitar 3 meter dikerjakan menggunakan kendaraan berat eksavator selama dua hari dan selesai dikerjakan pada Sabtu (11/1/2014) .

Kayu Balok dari batang pohon pembuatan jalan ekonomi baru di Sori Sarae Desa Tonggorisa Kecamatan Palibelo Bima Sabtu 18 /1/2014 (Foto: Ronamasa/Ahyar)


Sori Karowo yang kini telah dibuat jalan ekonomi sepanjang mulai dari bekas kebun Ama Muju (Ompu Rempa) hingga Nggaro Heso Ama Jana ini tetap memiliki saluran irigasi untuk mengairi beberapa lahan pertanian dikawasan tersebut. Namun bila paritnya tidak segera dibuatkan sistem drainase dikhawatirkan akan sia-sia karena tidak adanya tanggul pemisah dengan lahan sawah yang berbatasan langsung dengan parit tersebut. Pembangunan drainase dimaksudkan agar sarana yang dibangun tersebut berfungsi ganda secara maksimal yaitu sebagai sarana lalu lintas pengangkutan hasil pertanian dan tetap berfungsi sebagai saluran irigasi mengairi beberapa lahan pertanian di kawasan tersebut.
Ronamasa