Cara Mengatur Web Browsing Yang Kita Gunakan Tidak Dilacak (Tracking) Penyedia Layanan Online Internet Lainnya

8/29/2012
Tracking (pelacakan) adalah istilah yang mencakup banyak metode bahwa website, advertiser (penayang iklan) dan lainnya digunakan untuk memperlajari prilaku pengguna web browsing yang bersangkutan. Informasi ini termasuk tentang site apa yang dikunjungi, hal yang paling disukai, tidak disukai dan belanja pengguna web browsing yang bersangkutan.

(Tracking is term that includes many different methods that websites, advertisers and others use to learn about your web browsing behavior. This includes information about sites your visit, things you like, dislike and purchase, support.mozilla.org)

Mereka menggunakan infromasi ini untuk menampilkan ads (iklan), produk atu layanan khusus sengaja ditujukan pada anda yang sedang online internet.

Cara mengatur agar web browsing yang kita gunakan tidak dilacak penyedia iklan dan layanan lainnya (Do-not-track) pada Firefox dapat dilakukan dengan langkah-langkah sebagai berikut, yaitu:
  1. Klick FireFox yang berada bagian atas kiri web browsing atau klick tools jika menggunakan firefox tampilan menu bar
  2. Klick Option
  3. Klick tab Privacy
  4. Centang kotak kecil Tell web I do not want to be tracked
  5. Klick Ok untuk meyimpan perubahan dan sekaligus menutup form pengaturan
Bagaimana cara kerja Do-not-Track ?
Ketika mengaktifkan (turn on) Do-not-Track feature, Firefox akan memberitahukan kepada website yang kita kunjungi (baik advertisers dan penyedia layanan konten lainnya) bahwa kita tidak ingin web browsing anda dilacak.

Dengan pengaturan ini website akan secara otomatis berhenti melacak prilaku kita tanpa ada informasi lebih lanjut dari kita.

Pengaturan ini tidak berpengaruh terhadap log in pada website dan juga tidak menyebabkan Firefox mengabaikan informasi pribadi kita.
Ronamasa