Cara Melacak Judul Posting Blog Milik Kita Yang Rusak (Broken Link / Dead Link)

10/25/2012
Salah satu kelebihan tampilan antarmuka blogger baru adalah blogger dapat melacak dengan mudah url-url yang tidak menampilkan halaman posting sebagaimana mestinya. Kesalahan ini memang terjadi karena kelalaian dari pengelola blog bersangkutan. Namun dengan tools web master blogger akan mudah melacak serta menemukan letak dari url-url rusak atau bermasalah (dead link/broken link).

Halaman Posting Blog Tidak di Temukan
Gambar: Jika url Halaman Posting Blog
Tidak Ditemukan
URL (unifrom resource locator) adalah teks judul posting halaman posting media online blog yang telah dipublikasikan online internet oleh pengelola media online internet bersangkutan. Teks url judul posting media online internet blog adalah teks yang seharusnya akan menampilkan halaman posting sesuai judul tersebut.

Sementara yang dimaksud url tidak dirayap mesin peramban web browsing (broken link/dead link) adalah halaman posting yang ditampilkan tidak sesuai teks url judul posting yang diakses visitor. Akibat tidak ditemukannya mesin peramban langsung mengarahkan pengunjung pengakses teks judul posting tersebut pada halaman Home (Beranda) Blogger bersangkutan.

Kalau pada tampilan antarmuka blogger lama masalah ini lebih dikenal blogger dengan istilah "Laman Tidak Ditemukan". Untuk lebih jelasnya perhatikan gambar di atas dan lihat teks url judul yang ada dalam kolom pencarian web browsing. Teks judul posting yang terdapat dalam kolom pencarian web browsing tidak sesuai dengan halaman posting yang ditampilkan.

Cara melacak/cek url yang sudah tidak ditemukan halaman posting pada media online internet blog yang kita kelola yaitu:
  1. Klick Kesehatan yang berada di samping kiri
  2. Klick Kesalahan Perayapan. Setelah melakukan langkah ini akan muncul teks url link yang bermasalah. Jika terdapat url media online internet blog anda yang tidak dirayap makan akan muncul otomatis seperti dalam gambar di bawah ini. Namun jika tidak ada yang muncul berarti media online anda tidak mengalami masalah.
  3. Tampilan Url Judul Posting Bermasalah
  4. Klick pada salah satu teks url yang bermasalah tersebut. Akan tetapi langkah ini hanya dilakukan jika memang ada. Langkah ini dilakukan untuk dapat melacak pada halaman mana saja url teks judul bermasalah tersebut telah diletakan.
  5. Klick Ditaut dari. Pada tab ini akan ditampilkan sejumlah posting tempat diletakannya URL yang bermasalah.
  6. Lacak Judul Posting Bermasalah
  7. Klick tab tandai sebagai telah diperbaiki jika url yang terdapat pada judul posting bersangkutan sudah direvisi dan diperbaiki.
  8. Klick OK. Setelah klick ok teks link tersebut akan terhapus otomatis (hilang) dalam form itu.
Dengan tersedianya dan tampilnya halaman posting sesuai url judul yang diakses pengunjung bersangkutan berarti kita selaku pengelola media telah memberi kepercayaan dan memperhatikan kenyamanan visitor media kita.

Di atas sudah dijelaskan cara melacak judul-judul posting bermasalah dan sekarang saya akan antar ke situsnya penyedianya di Jl. Web Master.

Jika blogger belum sign in pada akun bloggernya anda, akan ditawarkan Form Sign in sebagai syarat untuk bisa masuk sekaligus menggunakan fitur-fitur yang tersedia pada halaman Web Master . Sign in (masuk) sesuai akun email yang dipergunakan membuat media online internet blog. Sukses buat anda.

Artikel lainnya

Cara Menampilkan Hanya Satu Halaman Pada Tampilan Utama Blog
Cara Menambah Widget Di Bawah Judul Posting Blog
Cara Membuat Posting Blog Terjadwal Sesuai Waktu Yang Ditentukan
Cara Membuat Search Box Blog Agar Dapat Berfungsi Dengan Akurat
Cara Mengirim Pesan Komentar Visitor Blog Secara Otomatis Pada Akun Email Temain Atau Kenalan
Ronamasa